https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Raih Karier untuk Hasilkan Cuan dengan Tekuni Hobi di Media Digital

Syafira | Minggu, 04/06/2023 15:52 WIB

Raih karier untuk hasilkan cuan dengan tekuni hobi di media digital  Diskusi literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Klub CB Prambon Nganjuk, di Stadion Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (3/6) malam. (Foto: Ist)

Nganjuk, Jurnas.com – Banyak contoh nyata, figur sukses mengawali kariernya melalui apa yang dia sukai. Lalu, selalu belajar untuk dapat meningkatkan skill yang dapat mendukung hobi atau passion-nya, sampai akhirnya memiliki value (nilai) yang jarang dimiliki oleh orang lain.

Musisi sekaligus penyiar radio Danin Sibilo menyampaikan hal tersebut saat menjadi pembicara pada diskusi literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Klub CB Prambon Nganjuk, di Stadion Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (3/6) malam.

Dalam diskusi luring (offline) bertajuk ”Hobi Jadi Cuan Lewat Media Digital”, Danin mengatakan, seringkali orang bertanya sebelum mulai menekuni hobi yang akan menghasilkan cuan. Bagaimana cara memulainya? Emang bisa hobi jadi cuan?

Baca juga :
Ini Alasan Mengapa UMKM Pemula Perlu Kuasai Digital Marketing

”Faktanya, banyak figur sukses yang mengawalinya dari sebuah hobi. Syaratnya, ada kemauan belajar yang keras guna meningkatkan keahlian atas hobi yang jadi pilihannya,” tutur Danin dalam diskusi yang dipandu oleh moderator Riska Regita itu.

Syarat lain untuk mewujudkan sebuah hobi menjadi cuan, lanjut Danin Sibilo, ialah bersikap konsisten dan selalu mau meningkatkan keterampilan (improving skill) yang dipilih. Konsistensi melakukan apa yang jadi hobi, dan tidak cepat berpuas diri, merupakan kombinasi sikap yang bakal menuntun menuju kesuksesan.

Baca juga :
Siapkan 4 Hal Ini sebelum Belajar Alat Musik

”Dengan adanya fasilitas ruang digital seperti sekarang, sudah menjadi keharusan untuk dapat memanfaatkan ruang digital sebagai alat pendukung keberhasilan sebuah hobi, maupun untuk menjadi peluang menghasilkan cuan,” jelas Danin Sibilo di hadapan komunitas pencinta sepeda motor Honda CB Nganjuk itu.

Sejak dua tahun silam, Kemenkominfo aktif menyelenggarakan program nasional untuk meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada 2024. Program Indonesia #MakinCakapDigital membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama. Yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Baca juga :
Agar Perkuat Akhlak, Jaga Konten Dakwah di Dunia Digital Beretika dan Bertanggung Jawab

Dari perspektif kecakapan digital (digital skills), Mom influencer Novindah Sochmariyanti mengatakan, untuk mewujudkan hobi jadi cuan lewat media digital kuncinya ada pada ”passion”, yakni memulai memahami minat dan disukai untuk dijadikan value (bernilai).

”Syaratnya, dimulai dari pertanyaan ’What do you like?’ Kemudian didukung oleh tools, personal skill, relate to life, habit, serta human interest. Maka, jadilah hobimu itu cuan,” tegas Novindah.

Novindah menambahkan, keberhasilan membuat hobi menjadi cuan di era digital, sangat bergantung dari kemampuan menggunakan tools, seperti sosial media, e-commerce, dan interaksi dengan berbagai pihak. ”Tukar pikiran dengan creator atau seller lain, maupun dengan customer dan viewers,” imbuhnya.

Sementara, menurut influencer Revina Dyah Pratista, hobi jadi cuan lewat media digital harus dimulai dengan sikap percaya diri, serta adanya niat keinginan kemauan kuat (passion). ”Lalu, tentukan bagian kecil dari pasar yang lebih besar dan memiliki kebutuhan spesifiknya sendiri yang berbeda dari pasar pada umumnya (nieche),” jelasnya.

Program IMCD tahun ini menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Tahun ini, program #literasidigitalkominfo dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Program Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id.

(Syafira)
KEYWORD :

Kemenkominfo IMCD Karier Hobi Media Digital