https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Peringati Ultah Fikom UMB ke 29, Wakil Rektor dan Dekan Terbitkan Buku

Syafira | Rabu, 31/05/2023 12:21 WIB

Inagurasi hari ulang tahun ke-29 Fakultas Ilmu Komunikasi UMB ditandai dengan peluncuran dua buah buku. Acara Inagurasi Peringati HUT ke 29 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Perkembangan media baru (new media) menjadi perhatian utama para akademisi di tengah perubahan pola komunikasi dan distribusi informasi. Kehadiran media baru telah memungkinkan setiap orang menjadi produsen sekaligus konsumen (procumer), dan melahirkan konvergensi media sebagai adaptasi perubahan tersebut.

Persoalan-persoalan itulah yang terungkap dalam buku Media Baru & Dinamika Konvergensi di Indonesia yang ditulis Wakil Rektor Unviersitas Mercu Buana (UMB) Bidang SDM, Rizki Briandana, M.Comn, Ph.D, dan buku Social Construction of New Media in Cyberspace ditulis Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMB, Dr. Ahmad Mulyana.

Diterbitkannya kedua buku tersebut sekaligus menandai acara inagurasi memperingati hari ulang tahun ke-29 Fakultas Ilmu Komunikasi UMB pada Selasa (30/05). Dalam sambutannya Wakil Rektor UMB Bidang SDM, Rizki Briandana, M.Comn, Ph.D mengatakan buku ini adalah hasil karya Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMB pada mata kuliah Konvergensi dan Digitalisasi Industri Media yang berorientasi pada Outcome Based Education (OBE).

Baca juga :
Prof Sudarnoto Luncurkan Buku Perjalanan Politik Malaysia

“Setiap tulisan berangkat dari pemikiran dan hasil kajian mahasiswa dalam konteks dan latar belakang yang beragam. Potret pemanfaatan media sosial dan lanskap konvergensi industri media di Indonesia yang diterapkan secara luas dimunculkan melalui berbagai tema dalam buku ini diantaranya pada level individu, komunitas, kelompok, serta institusi,” jelas pria yang akrab disapa Mas Kiko tersebut.

Sementara itu Dr. Ahmad Mulyana menjelaskan bahwa buku yang ditulisnya secara umum menggambarkan dinamika teknologi informasi dalam memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat di era informasi.

Baca juga :
Akhir 2023, Gunung Agung Tutup Seluruh Outlet

“Perspektifnya pada konstruksi sosial masyarakat secara teknologi, bukan pada determinisme teknologi yang melihat perilaku berubah karena teknologi. Itu sebabnya Pendekatannya bersifat kualitatif dalam memandang kasus2 komunikasi di era New media. Pada era ini muncul konsep seperti user generated content (UGC), content creator, SCOT theory, teori jaringan aktor, prosumer, ekonomi media baru,” kata Mulyana.

Selain soft launching kedua buku tersebut acara peringatan ulang tahun Fikom UMB ke-29 yang bertema “Kebersamaan, Kolaborasi, Berkinerja dalam Harmoni Menuju Prestasi dan Reputasi” itu juga diisi dengan beberapa rangkaian acara seperti Visiting Lecture,  dan Awarding.

Baca juga :
Riset Kuantitatif Berkontribusi bagi Pengembangan Peran Agama

Kegiatan Visiting Lecturer bertema “Communication for Social Change” menampilkan pembicara dari Universiti Utara Malaysia, Prof. Madya. Dr. Mohd Khairie Ahmad, dan Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMB, Dr. Afdal Makkuraga, M.Si. Kegiatan visiting lecturer ini dipandu oleh moderator Dr. Suraya, M.Si, selaku Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UMB. Kegiatan ini diselenggarakan hybrid secara tatap muka dan juga daring dengan peserta dosen dan mahasiswa Fikom UMB. Simultan dengan kegiatan visiting lecturer, Fikom UMB juga mengadakan sharing session kuliah tamu bertopik “Corporate Communication” dengan pembicara Deputy Director, UUM Corporate Communication Dr.Azahar Kasim,; Wakil Dekan Fikom UMB Dr. Irmulansati, M.Si; dan Dosen Fikom UMB Anindita, M.I.Kom.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan (awarding) kepada Dosen Fikom UMB terbaik untuk kinerja penelitian & pengabdian kepada masyarakat, yang terdiri dari beberapa kategori penghargaan; skema muda/internal, KDN, dan KLN. Pemberian penghargaan ini ditujukan untuk mengapresiasi kinerja dan memberikan motivasi kepada Dosen Fikom UMB dalam pelaksanaan Tri Dharma.

(Syafira)
KEYWORD :

Fikom UMB Wakil Rektor Buku