https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Daging Kerbau, Kedelai, dan Bawang Putih Masih Impor

Supianto | Sabtu, 25/03/2023 16:54 WIB

Komoditas ini pemenuhannya masih bergantung dari impor karena produksi dalam negeri belum mencukupi kebutuhan nasional. Seorang perempuan melihat daging sapi. (Foto: Is)

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi memastikan, stok bahan pangan pada Ramadan dan Idulfitri 2023 terjaga.

Meskipun demikian, ada beberapa komoditas pangan lainnya yang pemenuhannya masih berasal dari luar (impor) seperti daging kerbau, kedelai, dan bawang putih.

"Komoditas ini pemenuhannya masih bergantung dari impor karena produksi dalam negeri belum mencukupi kebutuhan nasional," kata dia seusai mengikuti Rapat Terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (24/3).

Baca juga :
Perum Bulog Pastikan Daging Kerbau Impor dari India Bebas PMK

Terkait dengan beras, menurut Arief, saat ini pemerintah fokus pada penyerapan produksi dalam negeri pada masa panen raya. Pihaknya optimis stok beras cukup memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idulfitri 1444 H.

Ia merinci saat ini cadangan beras pemerintah (CBP) yang berada di Bulog mencapai 220 ribu ton dan akan ada tambahan dari Perkumpulan Penggilingan Padi (Perpadi).

Baca juga :
18 Ribu Ton Daging Kerbau Impor Tiba di Tanjung Priok

"Bulog sekitar 220 ribu ton sambil kita bantu serap, kemarin Perpadi akan memasukkan ke Bulog sebesar 60 ribu ton, kan lumayan ya jadi hampir sekitar 300 ribu ton," kata Arief.

Hal senada disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyampaikan bahwa saat ini pemerintah telah melakukan langkah-langkah persiapan salah satunya dalam menekan harga bahan pokok.

Baca juga :
Kementan Pecahkan Rekor MURI Nguleg Bawang Putih

"Saya rasa semua relatif aman. Tentu stok yang tergantung impor ada yang terkait tadi seperti yang disampaikan Pak Arief (Kepala Badan Pangan Nasional) (seperti) daging, yang berikut kedelai, tentu kita minta supaya pengadaannya segera,” ujar Menko Perekonomian.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa saat ini langkah-langkah persiapan menjelang lebaran tersebut sudah berjalan hampir 90 persen.

"Persiapan lebaran tadi hampir 90 persen on the track, mudah-mudahan tidak ada masalah apa-apa. Ketersediaan pangan cukup sampai hari ini, harga masih terkendali," ucap Mendag.

Lebih lanjut, Mendag mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah menginstruksikan Bulog untuk dapat menyerap beras hasil panen secara maksimal.

(Supianto)
KEYWORD :

Stok Bahan Pangan Idulfitri dan Ramadan Daging Kerbau Bawang Putih