https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Trudeau Kritik Federasi Sepak Bola Kanada gegara Undang Iran

Mutiul Alim | Kamis, 19/05/2022 15:37 WIB

Trudeau Kritik Federasi Sepak Bola Kanada gegara Undang Iran Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau (Foto: Financial Tribune)

Montreal, Jurnas.com - Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengkritik laga persahabatan antara negaranya versus Iran, yang rencananya bakal digelar bulan depan.

Mempersiapkan Piala Dunia pertamanya sejak 1986, Kanada menjamu Iran pada 5 Juni di BC Place Stadium di Vancouver, British Columbia.

"Ini adalah pilihan dari Soccer Canada. Saya pikir itu bukan ide yang baik untuk mengundang tim sepak bola Iran di sini ke Kanada. Tapi itu adalah sesuatu yang harus dijelaskan oleh penyelenggara," kata Trudeau dikutip Sport Illustrated pada Kamis (19/5).

Baca juga :
Pertandingan Timnas Versus Argentina Momentum Kebangkitan Sepak Bola Tanah Air

Keberatan Trudeau disebabkan oleh peristiwa jatuhnya pesawat Ukraina International Airlines 752, yang ditembak jatuh pada 8 Januari 2020, beberapa menit setelah lepas landas dari Teheran oleh rudal darat-ke-udara Iran. Pemerintah Kanada mengatakan 55 warga negara Kanada dan 30 penduduk tetap termasuk di antara 176 orang yang tewas.

"Prioritas Kanada adalah untuk mencari jawaban dan mengejar keadilan dengan meminta pertanggungjawaban Iran dan mengupayakan reparasi, sambil terus memberikan keluarga dan orang-orang terkasih dari para korban dengan dukungan yang mereka butuhkan," kata pemerintah federal.

Baca juga :
Indonesia-Iran Jalin Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Kanada juga bermain melawan Curaçao di Vancouver pada 9 Juni dan di Honduras pada 13 Juni, keduanya di Liga Bangsa-Bangsa Concacaf. Kanada nantinya akan membuka Grup F Piala Dunia di Qatar melawan peringkat kedua Belgia pada 23 November, menghadapi peringkat 16 Kroasia empat hari kemudian dan peringkat 24 Maroko pada 1 Desember.

Sedangkan Iran memulai Grup B melawan peringkat kelima Inggris pada 21 November, bertemu Wales, Skotlandia atau Ukraina empat hari kemudian dan menutup putaran pertama melawan peringkat 15 Amerika Serikat pada 29 November.

Baca juga :
Pimpinan MPR bertemu Presiden Iran, Syarief Hasan : Perkuat Kerjasama Kedua Negara
(Mutiul Alim)
KEYWORD :

Justin Trudeau Kanada Iran Sepak Bola Piala Dunia