https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Uni Eropa Ekspor Lebih dari 1 Miliar Dosis Vaksin COVID-19

Supianto | Senin, 18/10/2021 20:20 WIB

Sebanyak 87 juta dosis telah disalurkan melalui skema COVAX yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia ke negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah. Seorang petugas kesehatan mengisi jarum suntik dengan dosis vaksin COVID-19 Bharat Biotech yang disebut COVAXIN, selama kampanye vaksinasi penyakit coronavirus (COVID-19) di rumah sakit All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) di New Delhi, India, pada 16 Januari , 2021. (Foto: REUTERS/Adnan Abidi)

BRUSSELS, Jurnas.com - Uni Eropa telah mengekspor "lebih dari 1 miliar" dosis vaksin COVID-19 dalam 10 bulan terakhir.  Demikian kata Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, Senin (18/10).

"Sangat jelas, Uni Eropa adalah pengekspor vaksin COVID-19 terbesar," katanya, mengumumkan tonggak penting dalam siaran dan pernyataan singkat.

Von der Leyen mengatakan, 87 juta dosis telah disalurkan melalui skema COVAX yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia ke negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah.

Baca juga :
Uni Eropa Ancam akan Larang Twitter

Sebagian besar ekspor adalah pesanan yang dibayar oleh negara lain untuk dosis vaksin COVID-19 yang diproduksi di Uni Eropa.

Von der Leyen mengatakan bahwa, terpisah dari angka ekspor, "Uni Eropa akan menyumbang dalam beberapa bulan ke depan setidaknya 500 juta dosis ke negara-negara yang paling rentan". Dia mendesak negara-negara lain "untuk melangkah juga".

Baca juga :
Uni Eropa Klaim Telah Kirim 220.000 Peluru Artileri ke Ukraina

Deklarasinya datang dalam konteks kesenjangan tajam antara daerah yang lebih kaya dan yang lebih miskin dalam hal tingkat vaksinasi COVID-19.

Uni Eropa, Amerika Serikat (AS), Uni Emirat Arab, Qatar, Singapura, dan Jepang termasuk di antara yang memiliki lebih dari setengah populasi mereka divaksinasi penuh.

Baca juga :
Tekan Serbia, Uni Eropa: Pilih Kami atau Rusia

Sementara banyak negara di Afrika dan tempat-tempat lain seperti Afghanistan, Mesir, Myanmar dan Suriah memiliki kurang dari 10 persen penduduknya yang disuntik.

Uni Eropa, yang 65,6 persen dari populasinya diinokulasi penuh menurut penghitungan statistik resmi AFP, telah meningkatkan ekspor vaksin.

Begitu juga AS, yang 57 persennya ditusuk habis-habisan. Presiden Joe Biden mengatakan pekan lalu bahwa pemerintahnya meningkatkan sumbangannya ke Afrika menjadi total 67 juta dosis.

Negara-negara G20 telah berjanji untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 secara lebih adil setelah kepala Organisasi Perdagangan Dunia Ngozi Okonjo-Iweala menunjukkan awal bulan ini bahwa, dari lebih dari 6 miliar dosis vaksin yang diberikan di seluruh dunia, hanya 1,4 persen orang di negara-negara miskin yang telah sepenuhnya divaksinasi.

Uni Eropa memiliki mekanisme kontrol ekspor vaksin di mana dosis yang akan dikirim ke luar negeri harus terlebih dahulu disetujui oleh Brussel dan negara anggota di mana vaksin tersebut diproduksi.

Hanya satu pengiriman - pengiriman 250.000 dosis AstraZeneca dimaksudkan untuk Australia - telah diblokir di bawah skema, kembali pada bulan April.

"Kami selalu membagikan vaksin kami secara adil dengan seluruh dunia," kata von der Leyen. "Kami telah mengekspor sebanyak yang kami kirimkan ke warga Uni Eropa. Memang, setidaknya setiap detik vaksin yang diproduksi di Eropa diekspor."

"Bersama dengan Presiden Biden, kami menargetkan tingkat vaksinasi global 70 persen pada tahun depan," sambungnya.

(Supianto)
KEYWORD :

Uni Eropa Ekspor Vaksin COVID-19 Ursula von der Leyen