https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

China Bantah Uji Coba Rudal Nuklir Hipersonik

Mutiul Alim | Senin, 18/10/2021 18:34 WIB

Rudal hipersonik jauh lebih cepat dan lebih gesit daripada yang normal, yang berarti lebih sulit untuk dicegat. Kabar itu memicu kekhawatiran AS soal kemampuan nuklir China. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian menghadiri konferensi pers di Beijing, Cina, pada 8 April 2020. (Foto: Reuters)

Beijing, Jurnas.com - China membantah telah melakukan uji coba rudal hipersonik berkemampuan nuklir awal tahun ini. Beijing bersikeras bahwa itu adalah pemeriksaan rutin pesawat ruang angkasa.

Sebagaimana diketahui, laporan surat kabar Financial Times pekan lalu soal uji coba China memicu kekhawatiran di Washington, di mana intelijen Amerika Serikat (AS) dilaporkan terkejut.

Rudal hipersonik jauh lebih cepat dan lebih gesit daripada yang normal, yang berarti lebih sulit untuk dicegat. Kabar itu memicu kekhawatiran AS soal kemampuan nuklir China.

Baca juga :
AS dan PBB Kecam Rasisme Fans Valencia di Mestalla

Pada Senin (18/10), juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan bahwa tes rutin telah dilakukan pada Juli lalu, untuk memverifikasi berbagai jenis teknologi pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali.

"Ini bukan rudal, ini pesawat luar angkasa," katanya dikutip dari BBC.

Baca juga :
Microsoft Sebut Peretas China Memata-matai Infrastruktur Vital AS

"Ini sangat penting untuk mengurangi biaya penggunaan pesawat ruang angkasa," sambung dia.

Zhao menambahkan bahwa banyak negara telah melakukan tes serupa di masa lalu. Ketika ditanya apakah laporan Financial Times tidak akurat, dia menjawab "ya".

Baca juga :
AS Tuding Grup Wagner Pasok Rudal ke RSF di Sudan
(Mutiul Alim)
KEYWORD :

China Rudal Super Sonik Senjata Nuklir Amerika Serikat