https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Mendes PDTT Luncurkan Sistem Internet of Think Budidaya Ikan Koi

Eko Budhiarto | Minggu, 17/10/2021 13:32 WIB

Internet of think smart water management system merupakan konsep mengembalikan suhu air kolam dengan menggunakan water heater apabila suhu air berada dibawah rentang ideal. Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (baju putih, tengah) saat meresmikan kolam budidaya ikan koi di Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/10/2021): humas/jurnas.com

BLITAR, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meresmikan internet of think untuk budidaya ikan hias koi di Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/10/2021).

Internet of think smart water management system merupakan konsep mengembalikan suhu air kolam dengan menggunakan water heater apabila suhu air berada dibawah rentang ideal.

"Ini suatu sistem IT yang bagus banget untuk pengelolaan ikan koi disini," kata Gus Menteri.

Baca juga :
Instruksi Kabareskrim Polri Petakan Dugaan Aliran Dana Narkoba untuk Nyaleg 2024

Internet of think atau sering disebut dengan IoT juga dapat dapat membantu peternak mengatur pola makan, mengingat koi adalah ikan hias yang sensitif. Dengan demikian, hasil ikan koi akan lebih cantik dan menarik para penggemarnya.

Penggunaan sistem internet of think untuk budidaya ikan koi ini merupakan yang pertama di Indonesia. Pasalnya, ini akan direplika di desa-desa lainnya yang memiliki potensi yang sama yaitu budidaya ikan hias.

Baca juga :
Marak Penipuan, Polisi Minta Promotor Beri Informasi Detail Pembelian Tiket Konser

Kolam ikan juga dilengkapi dengan kamera di beberapa sudut yang berfungsi memantau perkembangan ikan koi di dalam air, disitu juga terdapat sensor suhu dan kecepatan angin yang dapat menentukan berapa banyak makanan yang harus diberikan.

Menariknya, komunitas peternak ikan koi di Desa Kemloko itu tidak perlu datang ke kolam untuk memantau dan memberi makan ikannya, karena sudah dapat dikendalikan melalui aplikasi di handphone masing-masing.

Baca juga :
Penganiayaan Sadis, Tersangka Mario Dandy dan Shane Lukas Segera Disidangkan

"Sesuai dengan prinsip pembangunan desa dan pengembangan masyarakat desa kita pakai model replikasi atau kloning sehingga keberhasilan disini nanti akan dikloning dimana-mana dengan menyesuaikan daerah masing-masing," pungkasnya.

Sekedar informasi, turut hadir dalam acara peresmian internet of think untuk budidaya ikan koi adalah Bupati Blitar, Rini Syarifah; Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Anik Maslachah.

(Eko Budhiarto )
KEYWORD :

Mendes PDTT internet of think ikan koi