https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Karyawan Apple Dipecat karena Memimpin Gerakan Melawan Pelecehan

Supianto | Sabtu, 16/10/2021 16:40 WIB

 Bulan lalu, dua karyawan Apple mengatakan kepada Reuters telah mengajukan tuntutan terhadap perusahaan dengan Dewan Hubungan Perburuhan Nasional. Logo Apple inc.

SAN FRANCISCO, Jurnas.com - Seorang karyawan Apple yang mengorganisir rekan kerja dalam berbagi secara terbuka perihal pelecehan dan diskriminasi di perusahaan mengatakan pada Kamis telah dipecat.

Janneke Parrish, seorang manajer program Apple mengatakan diberhentikan karena menghapus materi pada peralatan perusahaan saat sedang diselidiki atas bocornya balai kota perusahaan ke media. Dia kepada Reuters menyangkal membocorkan informasi, tersebut.

Parrish mengatakan menghapus aplikasi yang berisi rincian keuangannya dan informasi pribadi lainnya sebelum menyerahkan perangkatnya ke Apple sebagai bagian dari penyelidikan.

Baca juga :
Kasus Dugaan Pelecehaan Seksual, Trump Diharuskan Bayar Rp73 Miliar ke Carroll

Parrish mengatakan yakin dipecat karena aktivisme di tempat kerja. "Bagi saya, ini jelas merupakan pembalasan atas fakta bahwa saya berbicara tentang pelanggaran yang terjadi di majikan saya, kesetaraan gaji dan, secara umum, tentang kondisi tempat kerja kami," katanya.

Apple mengatakan pada Jumat bahwa mereka tidak membahas masalah karyawan tertentu.

Baca juga :
Menaker: Usut Tuntas Kasus Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Apple baru-baru ini mengalami contoh lain dari keresahan karyawan. Bulan lalu, dua karyawan Apple mengatakan kepada Reuters telah mengajukan tuntutan terhadap perusahaan dengan Dewan Hubungan Perburuhan Nasional. Para pekerja menuduh Apple melakukan pembalasan dan menghentikan diskusi tentang gaji di antara karyawan.

Apple telah mengatakan sangat berkomitmen untuk menciptakan dan memelihara tempat kerja yang positif dan inklusif dan merespons semua kekhawatiran dari karyawan dengan serius.

Baca juga :
Anggota DPR Minta Pemerintah Tindak Tegas Empat Perusahaan yang Lecehkan Karyawati

Hukum Amerika Serikat (AS) melindungi hak karyawan untuk mendiskusikan topik tertentu secara terbuka, termasuk kondisi kerja, diskriminasi, dan upah yang setara.

Selama musim panas, karyawan Apple saat ini dan mantan karyawan mulai merinci di media sosial apa yang mereka katakan sebagai pengalaman pelecehan dan diskriminasi. Parrish dan beberapa rekannya mulai menerbitkan cerita di media sosial dan platform penerbitan dalam ringkasan mingguan berjudul `#AppleToo.`

Parrish mengatakan berhati-hati untuk menghormati peraturan perusahaan dan tidak pernah membagikan informasi yang dia yakini sebagai rahasia. Dia mengatakan dia terus menerbitkan intisari `#AppleToo` setelah diselidiki pada akhir September.

"Jika ada, itu membuat pentingnya pekerjaan itu lebih jelas dari sebelumnya, ketika tanggapan Apple terhadap kritik adalah memulai penyelidikan internal terhadap mereka yang ingin dihilangkan," katanya. "Lebih mudah bagi mereka untuk menghentikan orang daripada bagi mereka untuk benar-benar mendengarkan."

(Supianto)
KEYWORD :

Karyawan Apple Pembuat iPhone Pelecehan Janneke Parrish