Jum'at, 26/04/2024 01:53 WIB

Percepat Vaksinasi, Jepang Berencana Campur Vaksin Astrazeneca dengan Pfizer atau Moderna

Jepang, yang sebelumnya mengandalkan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, menyetujui vaksin AstraZeneca pada bulan Juli dan telah mendapatkan 2 juta dosis.

Petugas kesehatan menyiapkan dosis Covishield, vaksin virus corona Covid-19 dari AstraZeneca / Oxford pada 29 Januari 2021 [ISHARA S. KODIKARA / AFP

Tokyo, Jurnas.com - Jepang mempertimbangkan untuk mencampur vaksin COVID-19 AstraZeneca dengan yang dikembangkan oleh pembuat obat lain dalam upaya untuk mempercepat peluncuran vaksin.

Jepang, yang sebelumnya mengandalkan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, menyetujui vaksin AstraZeneca pada bulan Juli dan telah mendapatkan 2 juta dosis.

"Saya sudah meminta Kementerian Kesehatan untuk memberikan pendapat tentang penggunaan vaksin AstraZeneca untuk dosis pertama dan vaksin Pfizer untuk dosis kedua, atau AstraZeneca sebagai suntikan pertama dan Moderna sebagai dosis kedua," kata Taro Kono, menteri yang bertanggungjawab atas peluncuran vaksin, Minggu (29/8).

Kono mengatakan, pencampuran vaksin ini bisa mempercepat peluncuran vaksinasi dengan memperpendek interval antara suntikan pertama dan kedua saat menggunakan vaksin AstraZeneca.

Dua suntikan AstraZeneca diberikan dengan selang waktu delapan minggu, lebih lama dari vaksin lainnya.

Jepang sedang berjuang melawan gelombang infeksi terburuknya, didorong oleh varian Delta, dengan infeksi harian baru melebihi 25.000 bulan ini untuk pertama kalinya.

Rasio vaksinasi negara itu tertinggal dari negara-negara maju lainnya. Jepang telah menginokulasi 54 persen populasinya dengan setidaknya satu dosis dan divaksinasi penuh 43 persen, menurut pelacak vaksin Reuters. (Reuters)

KEYWORD :

Jepang Vaksin Campuran Vaksin COVID-19 AstraZeneca Taro Kono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :