Selasa, 16/04/2024 20:01 WIB

PILKADA DKI JAKARTA

Mungkinkah Ahok Bangkit?

Elektabilitas Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengalami penurunan yang cukup tajam. Lalu apakah Ahok bisa bangkit?

Calon Gubernur DKI Jakarta, Ahok

Jakarta - Pasca ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama, elektabilitas Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengalami penurunan yang cukup tajam. Lalu apakah Ahok bisa bangkit?

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa mengatakan, ada tiga cara untuk meningkatkan elektabilitas Ahok dalam kurun waktu tiga bulan sebelum pencoblosan Pilkada DKI dilaksanakan.

"Mungkin jika bisa merebut kembali hati mayoritas pemilih Islam yang luka," kata Ardian, saat memaparkan hasil survei bertajuk "Ahok Tersangka dan Efek Elektoralnya", di Kantor LSI, Jakarta, Jumat (18/11).

Selain menarik kembali simpati pemilih muslim, kata Ardian, Ahok harus dapat meyakinkan warga DKI bahwa dirinya tidak salah dalam kasus dugaan penistaan agama tersebut. "Mungkin jika bisa "play victim" bahwa ia tak salah walau tersangka," jelasnya.

Kata Ardian, Ahok juga bisa kembali bangkit jika kandidat lainnya, Agus dan Anies tak berhasil mengambil hati pendukung lama pasangan petahana itu.

Jika tidak bisa menjalankan tiga misi itu, lanjut Ardian, maka Ahok akan tersingkir di putaran pertama.

"Tiga hal itu adalah kerja maha sulit. Jika tak bisa dicapai dalam sisa waktu tiga bulan, Ahok justru tersingkir dalam putaran pertama," tandasnya.

KEYWORD :

Lingkaran Survei Indonesia Survei LSI Survei Pilkada DKI Jakarta Survei Pilgub DKI Jakarta Hasil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :