Jum'at, 26/04/2024 02:50 WIB

BKSAP DPR: Kerja Sama Indonesia-Rumania Perlu Ditingkatkan

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menyambut baik kunjungan Duta Besar Rumania Dan-Adrian Balanescu sebagai upaya menjaga komunikasi serta membangun hubungan yang kuat antara DPR RI dengan Rumanian Parliament.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana bersma Duta Besar Rumania Dan-Adrian Balanescu. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menyambut baik kunjungan Duta Besar Rumania Dan-Adrian Balanescu sebagai upaya menjaga komunikasi serta membangun hubungan yang kuat antara DPR RI dengan Rumanian Parliament.

“Kita dengan Rumania sebenarnya sudah memiliki hubungan selama 61 tahun. Sehingga perlu dikonkretkan lagi, perlu ditingkatkan lagi karena potensi mereka besar, potensi kita besar,” terang Putu kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (27/8).

Putu menjelaskan, pertemuan tersebut membahas upaya membangun hubungan diplomasi bilateral denga parlemen Rumania, kerja sama ekonomi dan diskusi lebih lanjut terkait penanganan pandemi Covid-19 di Rumania.

“Setiap negara punya cara tersendiri untuk menangani pandemi Covid-19. Kita ingin melihat bagaimana mereka melakukan penanganan itu,” lanjut politisi Fraksi Partai Demokrat itu.

Di bidang ekonomi, ujar Putu, Indonesia dan Rumania diharapkan saling bekerjasama dan berbagi pengalaman di sektor ekonomi dan investasi serta sektor pariwisata. Menurutnya, selain kesehatan, sektor ekonomi juga mengalami tantangan yang besar saat pandemi ini sehingga ekonomi perlu lebih ditingkatkan.

“Maka dari itu, BKSAP yang merupakan penjuru, akan terus berkomunikasi dengan berbagai negara. Berbicara dengan siapa saja? Dengan mitra bisnis. Di situ agar chambers commerce dan bisa bertemu dengan chambers commerce Indonesia. Kita bridging (hubungkan). Jadi chambers commerce Rumania dan Indonesia kita bangun kerjasamanya,” terang Putu.

Putu berharap, pertemuan ini dapat menjadi sebuah momentum bagi kedua negara.

“Karena tugas parlemen kan jelas ada legislasi, ada budgeting, ada pengawasan. Tapi ada satu peran yang juga penting yang merupakan the point of pilar, itu adalah diplomasi. Peran diplomasi selama pandemi ini tantangannya tidak mudah. Selalu melalui virtual,” pungkasnya. 

KEYWORD :

Warta DPR BKSAP DPR Rumania Putu Supadma Rudana Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :