Sabtu, 20/04/2024 15:20 WIB

Tim Robotik Afghanistan Melarikan Diri ke Meksiko

Lima anggota tim robotika Afghanistan yang semuanya perempuan, tiba di Meksiko pada Selasa (24/8) malam.

Tim robotik asal Afghanistan (Foto: Reuters)

Mexico City, Jurnas.com - Lima anggota tim robotika Afghanistan yang semuanya perempuan, tiba di Meksiko pada Selasa (24/8) malam. Mereka melarikan diri dari masa depan yang tidak pasti di dalam negeri, setelah pemerintahan jatuh ke tangan Taliban.

"Kami menyambut Anda dengan terhangat di Meksiko," kata Wakil Menteri Luar Negeri Meksiko Martha Delgado saat menyambut mereka dalam konferensi pers di bandara internasional Mexico City dikutip dari Reuters pada Rabu (25/8).

Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan pekan lalu ketika Amerika Serikat dan sekutunya menarik pasukan dari negara itu. Gedung Putih dan AS sekutu berlomba untuk menyelesaikan evakuasi semua orang asing dan warga Afghanistan yang rentan sebelum berakhirnya tenggat waktu 31 Agustus yang disepakati dengan Taliban.

Tim yang terdiri dari anak perempuan dan perempuan berusia 14 tahun, mendapatkan perhatian karena pernah memenangkan penghargaan internasional robotik. Pada Maret lalu, mereka bekerja dengan ventilator open-source berbiaya rendah ketika pandemi virus corona melanda Afghanistan.

Taliban, yang sebelumnya melarang anak perempuan bersekolah dan perempuan bekerja ketika memerintah pada akhir 1990-an, berjanji untuk memprioritaskan hak-hak perempuan dan pendidikan anak perempuan.

Sementara Meksiko berjanji untuk membantu perempuan dan anak perempuan Afghanistan. Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan di Twitter pada 18 Agustus bahwa negara itu mulai "memproses aplikasi pengungsi pertama warga Afghanistan, terutama perempuan dan anak perempuan yang telah memintanya," dengan bantuan Guillermo Puente Ordorica, Duta Besar Meksiko di Iran.

Selain ke Meksiko, anggota tim robotika Afghanistan lainnya mendarat di Qatar dalam beberapa hari terakhir.

KEYWORD :

Tim Robotik Afghanistan Meksiko Taliban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :