Kamis, 18/04/2024 21:59 WIB

Resmi! Ojat Darojat Kembali Pimpin Universitas Terbuka

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengukuhkan Ojat Darojat, sebagai rektor Universitas Terbuka periode 2021-2025.

Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengukuhkan Ojat Darojat, sebagai rektor Universitas Terbuka periode 2021-2025.

Pengukuhan tersebut berlangsung secara virtual pada Selasa (24/8), bersamaan dengan pengangkatan sejumlah rektor dan direktur dari perguruan tinggi lainnya.

"Kepada para rektor dan direktur politeknik, saya berharap Anda dapat menjadi duta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang akan memberikan kesepatan pada mahasiswa untuk berinovasi," kata Nadiem dalam sambutannya.

Dia juga meminta para rektor dan direktur yang dilantik supaya memastikan dapat menghasilkan lulusan yang profesional, cerdas, dan berkarakter.

Sementara itu, Ojat Darojat yang merupakan rektor periode sebelumnya menyebut akan fokus pada pembelajaran yang lebih fokus pada pemanfaatan teknologi.

Apalagi, lanjut Ojat, Universitas Terbuka yang saat ini terdepan dalam pembelajaran jarak jauh, harus menjadi ekosistem pembelajaran digital dengan pembenahan manajemen internal, serta layanan kemahasiswa yang dibangun dalam ekosistem digital.

"Melalui ekosistem digital pembelajaran tersebut memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam belajar. Mahasiswa dapat mengakses mata kuliah kapan saja dan dimana saja, semuanya terkontrol. Ada digital forensik yang bisa kita lihat," terang Ojat.

Ojat kembali dilantik sebagai Rektor UT setelah merampungkan tugas sebagai rektor pada periode 2017-2021. Ojat terpilih kembali pada pemilihan rektor yang dilaksanakan oleh Senat UT yang dipimpin oleh Prof Dr Chanif Nurcholis.

Dalam pemilihan Rektor UT yang diselenggarakan pada Februari hingga Maret 2021, Ojat memaparkan mengenai memperkokoh kewibawaan akademik dalam digital ekosistem. Ojat menyatakan bahwa daya jangkau UT yang luas mampu meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi.

KEYWORD :

Universitas Terbuka Rektor UT Ojat Darojat Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :