Kamis, 25/04/2024 21:05 WIB

4 Negara Ajukan Diri Jadi Penengah Konflik di Afghanistan

Empat negara, masing-masing Rusia, China, Amerika Serikat, dan Pakistan tertarik untuk menjadi penengah dalam menyelesaikan krisis di Afghanistan.

Bayi terperangkap di tengah bandara Kabul yang dibanjiri warga Afghanistan (Foto: OMAR HAIDARI/via REUTERS)

Moskow, Jurnas.com - Empat negara, masing-masing Rusia, China, Amerika Serikat, dan Pakistan tertarik untuk menjadi penengah dalam menyelesaikan krisis di Afghanistan.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, pada Selasa (24/8) dikutip dari Reuters, menyikapi kekhawatiran atas kekuasaan Taliban di Kabul.

"Kami tetap berkomitmen pada tugas membangun perdamaian dan stabilitas di wilayah Afghanistan, sehingga tidak menimbulkan ancaman bagi kawasan itu," kata Lavrov.

Lavrov menambahkan Rusia menentang gagasan untuk mengizinkan pengungsi Afghanistan memasuki Asia Tengah, bekas wilayah Soviet yang terletak di antara Rusia dan Afghanistan, atau menempatkan pasukan AS di sana.

"Jika Anda berpikir bahwa negara mana pun di Asia Tengah atau di tempat lain tertarik untuk menjadi target sehingga Amerika dapat memenuhi inisiatif mereka, saya benar-benar ragu ada yang membutuhkan itu," tegas dia saat berkunjung ke Hungaria.

Rusia memelihara hubungan dekat dengan bekas republik Soviet di Asia Tengah, dan menganggap kawasan itu sebagai bagian dari lingkup kepentingannya.

KEYWORD :

Rusia Afghanistan Amerika Serikat Negara Penengah Konflik Taliban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :