Sabtu, 20/04/2024 16:24 WIB

Kementan Berharap Petani Milenial FKPPI Jadi Pioner Pembangunan Pertanian

Pelatihan kepada petani milenial FKPPI dilakukan di selurun pelosk Tanah Air melalui daring.

Pelatihan Petani Milenial FKPPI, Senin (23/8).

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin mengatakan, regenerasi serta peningkatan kapasitas petani menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendongkrak produktivitas.

"Upaya peningkatan kapasitas petani terus kita lakukan, terutama dalam melakukan pengembangan usaha melalui akses KUR dan optimalisasi kegiatan agribisnis terus ditingkatkan secara berkelanjutan," kata Syahrul dalam arahnnya di acara Pelatihan Petani Milenial FKPPI, Senin (23/8).

Syahrul mengatakan, pelatihan Petani Milenial FKPPI Bangkitkan Jiwa Kewirausahaan Pertanian ini merupakan momentum yang sangat berharga. "Pelatihan ini akan menjadi leverage peningkatan kapasitas petani yang lebih lanjut akan dapat meningkatkan produktivitas pertanian," paparnya. 

Sementara itu, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementan menjelaskan, pelatihan kepada petani milenial FKPPI dilakukan di selurun pelosk Tanah Air melalui daring.

"Alhamdullah sudah terdaftar 1.500 peserta namun demikian tampaknya yang mengikuti acara ini baik melakaui zoom mapunun live streaming melebih itu," kata Kepala BPPSMDP, Dedi Nursyamsi dalam laporannya,

Dedi menjelaskan bahwa pelatihan kali ini merupakan tindaklanjut dari pengukuhan duta petani milenial dan duta petani andalan pada 6 Agustus 2021, yang akan melaksanakan pelatihan wirausaha pertanian.

"Alhamdulillah gayung bersambut sudara kita keluarga besar FKPPI terutama para petani milenialnya juga akan berperan aktif di dalam pelatihan ini yang selanjutnya insyaallah mereka juga akan menjadi pioner-pioner pembangunan pertanian kita dimasa mendatang," ujar Dedi.

Pelatihan ini akan menyajikan manteri tentang cara mendapatkan KUR, bagaimana berwirausaha yang baik, terutama terkait dengan produktivitas, pengelolaan budidaya yang bagus, panen dan pasca panen, dan packaging dan pemasaran.

"Titik beratnya memang wirausaha pertanian, namun demikian bagaimana cara mendapatkan KUR insyaallah nanti akan kami berikan. Sebab KUR adalah energi untuk pembangunan pertanian kita yang merupakan alat dari pemerintah karena bunganya rendah," ujar Dedi.

KEYWORD :

Petani Milenial FKPPI BPPSDMP Dedi Nursyamsi Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :