Kamis, 25/04/2024 20:04 WIB

Australia Catat 914 Kasus Varian Delta

Australia mencatat, 914 kasus pada Minggu (22/8) dari varian Delta yang sangat menular melampaui tertinggi sebelumnya 894 sehari sebelumnya.

Pemandangan di salah satu sudut negara bagian New South Wales, Australia (Foto: Reuters)

Canberra, Jurnas.com - Perdana Menteri AustraliaScott Morrison mengatakan, lockdown akan tetap berlaku sampai setidaknya 70 persen populasi divaksinasi sepenuhnya.

Disadur dari Reuters, Australia mencatat, 914 kasus pada Minggu (22/8) dari varian Delta yang sangat menular melampaui tertinggi sebelumnya 894 sehari sebelumnya.

"Anda tidak dapat hidup dengan penguncian selamanya dan pada titik tertentu, Anda perlu membuat perubahan gigi dan itu dilakukan pada 70 persen," kata Morrison dalam sebuah wawancara televisi di Australian Broadcasting Corporation.

Lockdown adalah elemen kunci dari strategi pemerintah federal untuk mengendalikan wabah hingga tingkat 70 persen tercapai, dengan perbatasan dibuka kembali secara bertahap ketika angkanya naik menjadi 80 persen. Tetapi pembatasan ketat membebani kesabaran banyak orang.

Polisi menangkap ratusan orang pada Sabtu selama demonstrasi anti-lockdown di Sydney dan Melbourne, ibu kota dari dua negara bagian terpadat, New South Wales dan Victoria, yang berada di bawah penguncian ketat.

Victoria, dalam penguncian keenam sejak awal pandemi, mencatat 65 kasus yang didapat secara lokal pada hari Minggu, menjadikan penghitungan dalam wabah saat ini menjadi 440 kasus aktif.

"Kami mengerahkan segalanya untuk ini," kata Martin Foley, menteri kesehatan negara bagian tenggara itu.

New South Wales melihat 830 infeksi baru pada hari Minggu, meskipun upaya ditingkatkan, dan Wilayah Ibu Kota Australia, rumah bagi ibu kota, Canberra, memiliki 19. Secara nasional, penghitungan kasus aktif mencapai hampir 12.000.

Hanya sekitar 30 persen warga Australia yang berusia lebih dari 16 tahun telah divaksinasi penuh, data kementerian kesehatan menunjukkan pada hari Sabtu. Hal ini terutama karena persediaan vaksin Pfizer terbatas dan vaksin AstraZeneca menimbulkan kegelisahan publik.

Kecepatannya meningkat baru-baru ini, karena persediaan meningkat dan Delta menyebar. Sebuah Newspoll bulan ini untuk surat kabar The Australian menunjukkan bahwa 11 persen responden akan dengan tegas menolak vaksinasi.

Di New South Wales, setidaknya 57 persen dari mereka yang memenuhi syarat telah menerima satu dosis, sementara 30 persen telah divaksinasi penuh.

"Jika komunitas kami terus mendapatkan vaksin mereka sebagaimana adanya, New South Wales akan terlihat cukup baik pada Oktober, November," kata Menteri Kesehatan negara bagian Brad Hazzard.

Meskipun gelombang ketiga infeksi dari varian Delta, jumlah COVID-19 Australia relatif rendah, dengan hanya di bawah 44.000 kasus dan 981 kematian. (Reuters)

KEYWORD :

Australia Kasus COVID-19 Scott Morrison Varian Delta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :