Sabtu, 20/04/2024 09:48 WIB

Ibnu Mahmud Bilalludin Resmi Menggantikan Hanafi Rais Sebagai Anggota DPR

Ketua DPR RI Puan Maharani resmi melantik Ibnu Mahmud Bilalludin sebagai pengganti antar waktu (PAW) Hanafi Rais.

Wakil Ketua Komisi I DPR, Hanafi Rais.

Jakarta, Jurnas.com -Ketua DPR RI Puan Maharani resmi melantik Ibnu Mahmud Bilalludin sebagai pengganti antar waktu (PAW) Hanafi Rais. 

Putra sulung Amien Rais itu diketahui mengundurkan diri jabatannya sebagai anggota DPR RI sejak 5 Mei 2020 lalu.

"Perlu kami beri tahukan bahwa pimpinan dewan telah menerima petikan surat Presiden RI nomor 96/P tahun 2021 tanggal 19 Juli 2021 tentang peresmian pergantian antar waktu (PAW) anggota dewan sisa masa jabatan tahun 2024 atas nama Mahmud Bilalludin dapil Yogyakarta menggantikan saudara Hanafi Rais," kata Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel saat memimpin rapat Paripurna, Kamis (19/8).

Pelantikan dan pengambilan sumpah Mahmud dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani, didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Azis Syamsuddin, Rahmat Gobel saat pengambilan sumpah.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah yang akan saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara RI, tanggungjawab memelihara dan menyelamatkan pancasila dan UUD RI 1945. Sumpah ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran, saya harap saudara ikuti lafal sumpah yang akan saya pandu," kata Puan.

Setelah itu, Puan memandu Mahmud mengucapkan sumpah jabatan janji sebagai anggota dewan. Pelantikan berlangsung singkat, setelah sumpah jabatan sebagai anggota DPR, langsung dilakukan penandatanganan berkas.

Sebelumnya diberitakan pada 5 Mei 2020 yang lalu, Hanafi Rais secara resmi mengirimkan surat pengunduran dirinya sebagai Anggota DPR RI dan keanggotaan dari PAN. Pengunduran diri itu diyakini berkaitan pasca Kongres ke-V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara. Yang memutuskan Zulkifli Hasan menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025.

KEYWORD :

Warta DPR Hanafi Rais PAW Ibnu Mahmud Bilalludin Puan Maharani PAN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :