Rabu, 24/04/2024 13:00 WIB

Bamsoet: Hari Konstitusi Milik Seluruh Warga Bangsa

Peringatan Hari Konstitusi dan Hari Lahir MPR, memiliki makna yang sangat mendalam, bukan hanya bagi MPR, tetapi juga bagi bangsa Indonesia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat sambutan Peringatan Hari Konstitusi dan Hari Lahir MPR RI Tahun 2021 di Jakarta, Rabu (18/8/2021). Foto: jurnas.com

JAKARTA, Jurnas.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan bahwa Hari Konstitusi yang diperingati setiap tahun merupakan milik seluruh warga bangsa Indonesia, bukan hanya milik MPR.

"Tidak ada negara tanpa konstitusi, tidak ada pemerintahan tanpa konstitusi, tidak ada lembaga-lembaga negara tanpa konstitusi," kata Bamsoet dalam sambutan peringatan Hari Konstitusi dan Hari Lahir MPR di Jakarta, Rabu (18/8/2021).

Bamsoet menyampaikan, peringatan Hari Konstitusi dan Hari Lahir MPR, memiliki makna yang sangat mendalam, bukan hanya bagi MPR, tetapi juga bagi bangsa Indonesia.

"Jika selama ini Hari Konstitusi hanya diperingati oleh MPR, untuk tahun-tahun berikutnya saya sungguh berharap Hari Konstitusi diperingati juga oleh seluruh warga bangsa. Oleh pemerintah, oleh lembaga-lembaga negara, dan oleh seluruh masyarakat Indonesia dalam satu rangkaian dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Bamsoet.

Menurutnya, sebagai hukum dasar, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan dokumen hukum yang di dalamnya memuat cita-cita Indonesia merdeka, memuat falsafah bangsa yang menjadi landasan dalam penyelenggaraan negara, serta memuat tujuan pembentukan pemerintah Negara Indonesia.

"Cita-cita luhur tersebut adalah tujuan yang harus selalu diupayakan pencapaiannya," katanya.

Rumusan pendiri bangsa yang dituangkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar jelas menegaskan, kemerdekaan merupakan gerbang awal untuk meneguhkan persatuan, menegakkan kedaulatan sepenuh-penuhnya, memastikan tegaknya keadilan bagi siapa pun, dan mewujudkan kemakmuran untuk semua.

"Kita tidak boleh lupa bahwa tujuan pembentukan Pemerintah Negara Indonesia adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, dalam upaya mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ujar Bamsoet.

Dengan pemaknaan yang demikian, lanjut Bamsoet, peringatan Hari Konstitusi yang pada tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan Hari Lahir MPR bukan hanya sebagai kegiatan seremonial dari tahun ke tahun, melainkan menjadi tanggung jawab sejarah untuk meneguhkan arah cita-cita Indonesia merdeka.

KEYWORD :

Kinerja MPR Bamsoet Hari Konstitusi Hari Lahir MPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :