Jum'at, 19/04/2024 13:05 WIB

Sejumlah Fakta Jatuhnya Afghanistan ke Tangan Taliban

Ribuan warga dan warga negara asing berusaha melarikan diri dari Kabul, dengan adegan kekacauan dan kepanikan terlihat di bandara sejak Minggu malam

Pasukan Keamanan Afghanistan berdiri di perbatasan Pakistan dan Afghanistan dekat Torkham, Pakistan pada 03 Agustus 2021 [Muhammed Semih UÄŸurlu / Anadolu Agency]

Kabul, Jurnas.com - Ibu kota Kabul, Afghanistan jatuh ke tangan kelompok militan Taliban pada Minggu (15/8) kemarin, setelah berhasil menguasai sejumlah kota yang mengelilingi Kabul sebelumnya.

Dikutip dari BBC pada Senin (16/8), berikut ini sejumlah fakta jatuhnya Afghanistan:

- Pemerintahan Afghanistan runtuh. Menurut laporan, Presiden Ashraf Ghani telah melarikan diri ke Uzbekistan, sementara mantan presiden Hamid Karzai menawarkan untuk memimpin transisi kekuasaan dengan Taliban.

- Ribuan warga dan warga negara asing berusaha melarikan diri dari Kabul, dengan adegan kekacauan dan kepanikan terlihat di bandara sejak Minggu malam.

- Seluruh penerbangan komersial telah ditangguhkan. Saat ini prioritas diberikan kepada penerbangan militer AS, dengan keperluan mengevakuasi staf diplomatik. Sehari sebelumnya, AS telah menyelesaikan evakuasi kedutaannya dan menurunkan bendera di markas diplomatiknya.

- Lebih dari 60 negara telah mengeluarkan pernyataan bersama, yang menyerukan agar keamanan dan ketertiban sipil segera dipulihkan, dan meminta Taliban untuk mengizinkan mereka yang ingin pergi untuk melakukannya.

-Sejumlah aktivis mengungkapkan keprihatinan bagi perempuan di Afghanistan, di tengah laporan bahwa Taliban sudah memaksa perubahan cara berpakaian dan pilihan mereka untuk bekerja.

KEYWORD :

Afghanistan Taliban Ashraf Ghani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :