Jum'at, 26/04/2024 05:02 WIB

Hadapi Paham Radikalisme, Ketua MPR: Indonesia Butuh Vaksin Ideologi

Maka dari itu MPR RI terus melakukan vaksinasi ideologi melalui sosialisasi Empat pilar MPR.

Ketua MPR, Bambang Soesatyo dalam sidang tahunan MPR, Senin 16 Agustus 2021.

Jakarta, Jurnas.com - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengingatkan bangkitnya paham radikalisme dan terorisme di masa pandemi Covid-19 yang telah lebih dari satu setengah tahun merundung Tanah Air.

Bukan hanya kedua paham tersebut, Bamsoet juga mengkhawatirkan kebangkitan paham-paham lain yang dianggap dapat merusakan Indonesia.

"Yang harus patut diwaspadai adalah bangkitnya nilai-nilai paham individualisme, komunisme, intoleransi, separatisme, radikalisme, terorisme dan etnonasionalisme di tengah ketidakpastian akibat pandemi," ujar Bamsoet dalam acara Sidang Tahunan MPR RI, Bersama DPR-DPD RI, Senin (16/8).

Dikatakan Bamsoet, dalam upaya memerangi pandemi Covid-19 beserta dampaknya tidak hanya dilakukan dengan meningkatkan ketahanan tubuh dengan vaksinasi.

"Tetapi harus dibarengi dengan upaya melakukan vaksinasi ideologi untuk meningkatkan ketahanan ideologi masyarakat kita," kata dia.

Maka dari itu, pihaknya terus melakukan vaksinasi ideologi melalui sosialisasi Empat pilar MPR. Empat pilar MPR itu, yaitu Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah tanah air.

"Melalui vaksinasi ideologi, kami meyakini segala potensi ancaman dan gangguan yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa akan dapat dicegah dan ditangkal," papar politisi Partai Golkar ini.

Dengan badai COVID-19, tambah dia, justru akan semakin memperkuat ketahanan ideologi bangsa, sehingga COVID-19 tidak hanya menjadi tantangan.

"Tetapi menjadi peluang untuk bangkit beradaptasi dengan tuntutan dinamika, situasi dan kondisi yang baru," tuturnya.

KEYWORD :

Kinerja MPR Sidang Tahunan MPR DPR Joko Widodo Bamsoet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :