Jum'at, 19/04/2024 12:30 WIB

India Luncurkan Anggaran Infrastruktur Rp19 Ribu Triliun

Program infrastruktur, yang disebut

Perdana Menteri India Narendra Modi menyapa petugas saat ia tiba untuk menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan di Benteng Merah bersejarah di Delhi, India, 15 Agustus 2020. (Foto: Adnan Abidi/Reuters)

New Delhi, Jurnas.com - Perdana Menteri India, Narendra Modi akan meluncurkan rencana infrastruktur nasional senilai US$1,35 triliun atau Rp19 ribu triliun, yang akan digunakan untuk menciptakan lapangan kerja dan memperluas penggunaan bahan bakar yang lebih bersih.

Program infrastruktur, yang disebut "Gati Shakti", akan membantu meningkatkan produktivitas industri dan meningkatkan ekonomi, kata Modi dalam pidatonya pada perayaan Hari Kemerdekaan di New Delhi pada Minggu (15/8).

"Kami akan meluncurkan masterplan untuk Gati Shakti, program besar (itu) akan menciptakan lapangan kerja bagi ratusan ribu orang," kata Modi dikutip dari Reuters.

Kendati Modi tidak mengumumkan rincian rencana tersebut, dia mengatakan anggaran sebesar itu akan membantu produsen lokal bersaing secara global, dan menciptakan jalan baru pertumbuhan ekonomi di masa depan.

Meningkatkan infrastruktur di ekonomi terbesar ketiga di Asia adalah inti dari rencana Modi untuk menyelamatkan India dari penurunan ekonomi tajam yang diperparah oleh pandemi Covid-19.

Pada tahun fiskal terakhir, output ekonomi India turun dengan rekor 7,3 persen dan gelombang kedua Covid-19 telah menunda pemulihan ekonomi.

Modi juga menetapkan target untuk menjadi mandiri energi pada tahun 2047, dengan mengatakan bahwa tujuan tersebut dapat dicapai melalui campuran mobilitas listrik, pindah ke ekonomi berbasis gas dan menjadikan negara itu sebagai pusat produksi hidrogen.

KEYWORD :

Anggaran Infrastruktur India Narendra Modi 19 Ribu Triliun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :