Rabu, 24/04/2024 22:48 WIB

Songsong Hari Kemerdekaan RI, PPM Papua Merah Putihkan Kota Jayapura

Pemuda Panca Marga (PPM) membagikan 1.760 bendera merah putih kepada masyarakat di kota Jayapura

Boy Dawir, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Papua.

Jayapura, Jurnas.com - Menyongsong perayaan Hari Raya Kemerdekaan RI ke -76 (17 Agustus 2021), anak-anak pejuang veteran di Papua yang tergabung dalam organisasi Pemuda Panca Marga (PPM) membagikan 1.760 bendera merah putih kepada masyarakat di kota Jayapura, Provinsi Papua.

Pembagian bendera merah putih ini untuk membangkitkan semangat cinta tanah air khusus bagi masyarakat di Kota Jayapura dan seluruh masyarakat Papua pada umumnya.

"Sejak kemarin kami sudah mulai distribusikan dari rumah ke rumah, dan anggota kami membawa bendera beserta tiangnya untuk dipasangkan," kata Ketua PPM Provinsi Papua Boy Dawir kepada wartawan, Sabtu (14/8/2021).

"Kami juga melihat tidak semua rumah memasang bendera Merah Putih, jadi inilah yang memacu kita untuk membagikan serta memasang langsung disetiap rumah, dengan harapan dapat membangkitkan semangat kemerdekaan masyarakat di Kota Jayapura dan juga Papua walaupun saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19,” lanjut Boy Dawir

Menurut Boy gerakan bendera Merah Putih tersebut merupakan kegiatan rutin yang sudah dilakukan PPM dalam dua tahun terakhir. Hal ini guna membangkitkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia khususnya kota Jayapura dan di seluruh tanah Papua.

"Memang di masa Pandemi ini kita tidak dapat membuat kegiatan yang meriah, namun dengan tetap menjaga prokes kita juga bisa membuat kegiatan yang positif untuk menyambut ulang tahun negara kita. Salah satunya kami menggerakan masyarakat untuk memasang bendera merah putih di rumah masing-masing,” kata pria yang akrab disapa BMD tersebut.

Terkait sasaran pembagian bendera Merah Putih ini, menurut Boy Dawir langsung pada masyarakat di rumah mereka.

"Anggota kami yang turun sendiri. Jadi kalau ada rumah masyarakat yang tidak dipasang bendera kita bantu tancapkan tiang sekaligus benderanya. Kita ingin tunjukkan juga bahwa Papua ini tetap merah putih,” kata Boy.

Sementara itu, Ketua Deparda PPM Kota Jayapura Niko Mauri menambahkan gerakan pembagian bendera merah putih yang dilakukan PPM Papua merupakan bentuk kegiatan yang bisa membangkitkan semangat kemerdekaan jelang HUT RI ke-76.

“PPM tentu harus membagikan semangat kemerdekaan pada seluruh masyarakat kita,” kata Nico.

Ia menambahkan pembagian dan pemasangan Bendera Merah Putih dimulai dari ujung Hamadi Pantai, Distrik Jayapura Selatan, Hingga di Dok VIII dan Waena, lantas berakhir di Tugu Marthen Indey.

KEYWORD :

Pemuda Panca Marga 1.760 bendera merah putih PPM Papua Boy Dawir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :