Jum'at, 26/04/2024 03:00 WIB

Kanada Bakal Wajibkan PNS dan Pelancong Divaksinasi COVID-19

Sejumlah negara telah mewajibkan vaksin bagi petugas kesehatan. Beberapa memerlukan bukti vaksinasi untuk mengakses ruang publik tertentu seperti bar dan gym.

Vaksinasi COVID-19. (Foto: Humas Bulog)

Ottawa, Jurnas.com - Pemerintah Kanada mengumumkan akan segera mewajibkan seluruh pekerja federal atau pegawai negeri sipil (PNS) untuk divaksinasi COVID-19 dan juga akan memperluas persyaratan vaksin kepada para pelancong dengan penerbangan komersial, kereta penumpang antarprovinsi, dan kapal pesiar.

Menteri Urusan Antar Pemerintah Kanada, Dominic LeBlanc mengatakan, persyaratan vaksin untuk pegawai negeri akan diberlakukan akhir tahun ini dan bahwa mengharapkan perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah federal dan pengusaha lain yang diatur secara federal untuk mengikutinya.

"Kami berharap layanan publik federal ingin mematuhi persyaratan wajib ini," kata LeBlanc dalam konferensi pers, Jumat (13/8). "Ini adalah cara terbaik untuk mengakhiri pandemi dan memungkinkan ekonomi tetap terbuka dengan aman."

Dia menambahkan bahwa langkah-langkah pengujian dan penyaringan akan diberlakukan bagi mereka yang tidak dapat divaksinasi karena alasan medis.

LeBlanc mencatat pemerintah federal adalah pemberi kerja terbesar di negara itu dan mengatakan itu adalah tugas pemerintah untuk menjamin keselamatan karyawan mereka dan mereka yang mereka layani.

Menteri Transportasi Omar Alghabra mengatakan bahwa karyawan di sektor transportasi udara, kereta api, dan laut yang diatur federal juga akan diminta untuk divaksinasi, bersama dengan pelancong tertentu.

"Ini termasuk semua pelancong udara komersial, penumpang di kereta api antarprovinsi, dan penumpang di kapal laut besar dengan akomodasi semalam, seperti kapal pesiar,” kata Alghabra dalam konferensi pers yang sama.

Persyaratan vaksin pemerintah dapat terbukti menjadi masalah yang mengganjal ketika pemilih pergi ke tempat pemungutan suara dalam pemilihan yang diperkirakan akan diadakan pada akhir September.

Sementara sebagian besar dari mereka yang mendukung Partai Liberal yang berkuasa menyukai paspor vaksin, sepertiga pemilih Konservatif menentang penggunaannya, menurut jajak pendapat Penelitian EKOS Juli.

Sejumlah negara telah mewajibkan vaksin bagi petugas kesehatan. Beberapa memerlukan bukti vaksinasi untuk mengakses ruang publik tertentu seperti bar dan gym. (Aljazeera)

KEYWORD :

Kanada Vaksinasi COVID-19 Dominic LeBlanc




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :