Sabtu, 20/04/2024 17:47 WIB

Komisi I DPR: Kominfo Harus Percepat Infrastruktur Digital Daerah Terpencil

infrastruktur digital ke daerah akan memberi masyarakat akses yang lebih besar terhadap perkembangan informasi dan teknologi.

Webinar, Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi Masa Kini

Jakarta, Jurnas.com - Komisi 1 DPR-RI mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mempercepat infrastruktur digital guna memberikan akses internet ke daerah-daerah terpencil.

Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid mengatakan, infrastruktur digital ke daerah akan memberi masyarakat akses yang lebih besar terhadap perkembangan informasi dan teknologi.

Hal itu disampaikan Meutya Hafid saat menjadi keynote speaker dalam webinar bertajuk Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi Masa Kini, yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (12/8).

Webinar via zoom yang  diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 150 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Direktur Pemberdayaan Informatika, Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto dan Founder Matemantika, Tiffany Winata.

DPR lanjut Meutya Hafid, juga mendorong Kemkominfo sebagai leading sector dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk mengembangkan keterampilan dan kreatifitas digital melalui berbagai kegiatan dengan bermitra dengan sektor swasta serta mengintegrasikan dengan pemangku kepentingan secara inklusif.

"DPR dalam hal ini Komisi 1, mendorong pemerintah untuk terus melakukan sosialisasi cara bermedia sosial yang baik sehingga mampu meningkatkan literasi digital masyarakat utamanya para generasi muda," ujarnya.

Sementara itu, dalam paparannya Direktur Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto mengatakan, pemerintah melalui Kemkominfo telah memiliki kerangka program kegiatan literasi digital di Indonesia. Kerangka literasi digital tersebut, yaitu pelatihan digital skill, digital culture, digital etics dan digital safety.

"Semuanya itu bertujuan untuk mewujudkan masyarakat digital, ekonomi digital dan digital goverment. Pelatihan-pelatihan ini terus digencarkan, sehingga masyarakat semakin memahami ketika mereka berada di ruang digital,” kata Sub Koordinator Penerapan Literasi Digital, Indriani Rahmawati yang mewakili Kemkominfo dalam acara webinar.

Di tempat yang sama, Founder Matemantika, Tiffany Winata memaparkan konsep bite sized information dalam media sosial, dimana konsep ini mengharuskan sejumlah kecil informasi yang dikemas menjadi satu paket yang apik dan mudah diingat.

KEYWORD :

Meutya Hafid Golkar Ketua Komisi I DPR-RI Kemkominfo infrastruktur digital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :