Kamis, 25/04/2024 16:52 WIB

Mobil

Empat Komponen Mobil yang Sering Dibeli Murah

Memiliki sebuah mobil adalah impian banyak orang. Namun di balik itu, punya mobil juga harus siap mengeluarkan kocek lebih untuk perawatan dan perbaikan.

Komponen dan Suku Cadang Asli / Yogi

Bekasi – Memiliki sebuah mobil adalah impian banyak orang. Namun di balik itu, mempunyai mobil juga harus siap mengeluarkan kocek lebih untuk perawatan dan perbaikan.

Dalam urusan servis, tak sedikit dari pemilik mobil memilih untuk membeli komponen dengan harga yang murah sehingga mereka lebih tertarik dengan barang yang boleh dibilang kualitas di bawah standar atau sering disebut ‘KW’, mulai dari oli, bensin hingga onderdil mobil.

Jika hal ini sering dilakukan, maka sang pemilik pun harus siap menerima konsekuensinya terhadap keamanan dan keselamatan diri dan penumpang yang dibawanya.

Menurut Bayu, kepala mekanik bengkel mobil di Kawasan Galaxi, Bekasi, mengatakan, dalam hal suku cadang kebanyakan pemilik mempertimbangkan yang kualitas KW, sebab selisih harganya terbilang cukup tinggi.

“Padahal semua itu pasti ada resikonya bagi keamanan dan keselamatan mobil si pemilik,” katanya di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Bayu juga memahami jika para pemilik mobil yang berkantong ‘pas-pasan’ tersebut lebih melihat harga murah daripada kualitas barangnya.

"Bagi mereka yang penting mobil bisa jalan walaupun barang yang digunakan itu KW," canda pria berumur 37 tahun ini.

Lantas komponen apa saja yang sering dibeli pemilik mobil dengan harga murah? Berikut daftar yang dihimpun dari berbagai sumber:

- Pertama adalah komponen Ban. Tak jarang pemilik mobil mencari ban bekas atau memilih ban kualitas di bawah standar.

- Kedua adalah Suku Cadang pengganti. Jika perbaikannya cukup fatal dan harus turun mesin, para pemilik kendaraan juga sering menanyakan komponen KW. Padahal jika dipertimbangkan lagi suku cadang asli berkualitas tinggi akan mampu mendukung perawatan mesin. Sedangkan barang KW meski dapat dipakai, namun keawetannya bakal menurunkan performa kendaraan.

- Ketiga Bahan Bakar. Saat ini meski sudah ada bahan beroktan tinggi, namun masih banyak kendaraan keluaran terbaru memakai kualitas bensin di bawah standar. Padahal BBM beroktan tinggi akan membantu perfoma dan keawetan mesin mobil sehingga lebih efisien dan lebih irit.

- Kempat adalah pelumas kendaraan. Saat melakukan penggantian oli mesin atau cairan lainnya, seperti minyak rem, oli transmisi dianjurkan untuk menggunakan barang yang berkualitas dan sesuai rekomendasi pabrik. Pasalnya, bila memakai oli di bawah standar, maka siap-siap si pemilik harus mengeluarkan kocek lebih untuk turun mesin dan lain sebagainya.

Nah, Bagaimana dengan Anda?. [yog]

 

KEYWORD :

Komponen Mobil Perawatan Mobil Oli Suku Cadang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :