Rabu, 24/04/2024 15:27 WIB

Kasus COVID-19 China Tembus 143

Media pemerintah menggambarkan wabah saat ini, yang telah memicu penguncian lokal, pengujian massal, dan pembatasan perjalanan sebagai yang paling parah sejak virus itu muncul di pusat kota Wuhan.

Tes usap PCR di Kota Nanjing, China (Foto: BBC)

Beijing, Jurnas.com - Kasus COVID-19 China mencapai level tertinggi sejak tujuh bulan pada Selasa (10/8). Klaster terbaru di Negeri Tirai Bambu itu didorong oleh varian Delta yang sangat mudah menular.

Media pemerintah menggambarkan wabah saat ini, yang telah memicu penguncian lokal, pengujian massal, dan pembatasan perjalanan sebagai yang paling parah sejak virus itu muncul di pusat kota Wuhan.

Pihak berwenang telah menurunkan infeksi domestik menjadi hampir nol, memungkinkan kegiatan ekonomi untuk pulih meskipun dengan pembatasan perbatasan yang ketat. Tapi sekarang, kasusnya meningkat.

Pada Selasa (10/8), otoritas kesehatan China melaporkan 143 infeksi virus corona baru - 108 di antaranya ditularkan secara lokal. Puluhan kasus berasal dari situs pengujian COVID-19 di kota Yangzhou timur.

Sebagai tanda kecemasan atas wabah yang relatif kecil, beberapa pejabat telah mengeluarkan peringatan karena salah menangani pengujian massal, yang menurut otoritas kota memungkinkan penyebaran virus.

Otoritas kota Yangzhou mengatakan sejumlah kecil anggota dan kader partai belum menjalankan tugas mereka dengan baik.

Lonjakan terbaru dimulai setelah infeksi di antara petugas kebersihan bandara di kota tetangga Nanjing memicu rantai kasus di seluruh negeri.

Angka Selasa adalah yang tertinggi sejak Januari, ketika negara itu mencatat 144 kasus baru dan 126 infeksi domestik, sebagian besar di wilayah utara.

Pihak berwenang sekarang bekerja untuk menopang kepercayaan bahwa kebangkitan terbaru dapat dikendalikan.

"Kami telah berhasil mengatasi epidemi di Guangzhou, dan epidemi di Nanjing secara bertahap dikendalikan," kantor berita resmi Xinhua mengutip spesialis penyakit menular Zhang Wenhong mengatakan. (AFP)

KEYWORD :

Kasus COVID-19 China Catat Rekor setelah Varian Delta Melanda Beijing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :