Jum'at, 26/04/2024 06:48 WIB

Gerak Kophi dan BenihBaik Bantu Jurnalis Terdampak Covid-19, Didukung XL Axiata

KoPhi dan Benih baik menggalang dana untuk wartawan terdampak Covid-19. XL Axiata turut mendukung.

KOPHI bersama Benihbaik gerakan peduli jurnalis. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Provider XL Axiata senang bisa berpatisipasi dan mendukung kegiatan berbagi yang diisiasi Komunitas Perwarta Hiburan Indonesia (KoPHI) dan BenihBaik. Saat ini KoPHI dan BenihBaik sedang melakukan kampanye untuk membantu jurnalis terdampak pandemi Covid-19.

"Rekan-rekan jurnalis tetap melakukan tugas profesinya sejak ada pandemi untuk terus bisa menyediakan informasi ke masyarakat," kata Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata, Senin (9/8/2021).

Ditambahkan, sebagai salah satu garda terdepan, jurnalis merupakan jendela informasi untuk mengetahui perkembangan Covid. Secara khusus, XL Axiata ingin mengucapkan terima-kasih atas kerja keras para jurnalis di Indonesia.

"Semoga upaya dan kerja keras yang dilakukan KoPHI dan BenihBaik bisa dirasakan manfaaatnya oleh rekan-rekan jurnalis," kata Tri Wahyuningsih.

KoPHI melakukan kampanye bertajuk KoPHI x BenihBaik Peduli Teman-teman Jurnalis. Kampanye ini berlangsung sejak 16 Juli 2021. Kampanye KoPHI x BenihBaik ini bertujuan mengajak korporasi dan publik untuk terlibat membantu jurnalis terdampak pandemi Covid-19.

Selain berisiko tinggi saat melakukan liputan, para jurnalis sebagian besar terdampak secara ekonomi akibat Covid-19. Bisnis media mengalami surut, demikian juga wartawannya. Beberapa dari mereka banyak yang kehilangan pekerjaan karena media tempatnya bekerja terpaksa ditutup.

Ada pula yang dikurangi pendapatannya, dan bahkan harus banting setir menjadi pengusaha kecil-kecilan. Lewat keahliannya dan didukung keluarga, para jurnalis ini kemudian mendirikan usaha kecil. Ada yang menjual mie ayam, keripik, minuman, mainan, dan juga masakan.

Usaha-usaha ini dilakukan untuk menutupi kebutuhan hidup para jurnalis yang semakin bertambah. KoPHI membuat program bernama Jurnopreneur dimana akan memberi kesempatan dan bantuan permodalan bagi teman-teman jurnalis untuk mengembangkan usaha (UMKM).

Ketua KoPHI Benny Benke mengatakan, sejak awal pandemi Covid-19, KoPHI sudah menggalang dana bagi rekan-rekan wartawan yang terdampak Covid-19.

"Kami menyadari masih banyak rekan jurnalis membutuhkan bantuan dalam bentuk yang lain seperti modal usaha agar mereka lebih mandiri," kata Benny Benke.

Andy F Noya, CEO dan founder BenihBaik.com, prihatin melihat kenyataan ini.

"Sebagai jurnalis saya tersentuh dengan usaha positif ini. Mereka sadar terdampak, dan tidak tinggal diam, terus berupaya. Kampanye KoPHI untuk medapatkan modal usaha tentu kami dukung," tandas Andy F Noya.

KEYWORD :

KOPHI BenihBaik Jurnalis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :