Jum'at, 19/04/2024 21:13 WIB

Warga Argentina Unjuk Rasa Protes Krisis Ekonomi Negara

Aksi dimulai di sebuah gereja, di mana ribuan peziarah melakukan perjalanan setiap tahun untuk berdoa di kuil San Cayetano, pada Sabtu (7/8).

Bendera Argentina (Perjalanan Dunia)

Buenos Aires, Jurnas.com - Puluhan ribu orang Argentina menggelar aksi protes ataslebih banyak pekerjaan, makanan di tengah krisis ekonomi yang diperparah oleh pandemi virus corona terus memukul penduduk dengan keras.

Organisasi-organisasi yang bekerja dengan kelompok-kelompok penganggur dan sayap kiri memimpin protes di ibu kota, Buenos Aires. Aksi dimulai di sebuah gereja, di mana ribuan peziarah melakukan perjalanan setiap tahun untuk berdoa di kuil San Cayetano, pada Sabtu (7/8).

Aksi itu berakhir di Plaza de Mayo, sebuah alun-alun besar di depan pusat pemerintahan tempat protes biasanya berlangsung.

Saya datang atas nama orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan: saudara laki-laki saya, tetangga saya dan banyak orang yang Anda lihat benar-benar berjuang di mana-mana,” Nestor Pluis, asisten pendidikan berusia 41 tahun, mengatakan kepada kantor berita Reuters.

Protes juga terjadi di bagian lain negara itu, termasuk di kota kedua Argentina, Cordoba dan kota barat Mendoza.

Pada hari Jumat, pemerintah Argentina mengumumkan akan melonggarkan pembatasan virus corona setelah berminggu-minggu penurunan kasus dan angka kematian.

"Semakin kita memvaksinasi dan menjaga diri kita sendiri, semakin kita dapat mempertahankan pencapaian ini dan maju dalam pembukaan yang berkelanjutan dan progresif," kata Presiden Argentina, Alberto Fernandez mengatakan dalam pesan televisi yang direkam.

Fernandez mengatakan dia melihat hari yang lebih cerah di depan. "Argentina sedang tumbuh, memulihkan pekerjaan dan akan memulihkan pendapatan," kata Fernandez .

Argentina telah melaporkan lebih dari lima juta kasus COVID-19 dan lebih dari 107.000 kematian, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Pandemi telah memperburuk situasi ekonomi yang sudah sulit di negara Amerika Selatan, di mana 42 persen dari 19 juta penduduk negara itu hidup di bawah garis kemiskinan dan pengangguran mencapai 10,2 persen.

Anggota parlemen Juan Carlos Alderete, pemimpin partai sayap kiri Corriente Clasista y Combativa, mengatakan kebutuhan orang-orang di beberapa lingkungan luar biasa.

"Dapur umum melihat seluruh keluarga datang untuk makan dan banyak dari anak-anak harus dirawat oleh profesional kesehatan karena mereka kekurangan gizi," katanya. (Reuters)

KEYWORD :

Argentina Protes Krisis Ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :