Jum'at, 26/04/2024 00:13 WIB

Kemenhub dan TNI AD gelar vaksinasi di Kabupaten Bogor

Ia berharap Program Serbuan Vaksinasi dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk vaksinasi sehingga mempercepat herd immunity.

(Foto: Kemenhub)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat menggelar kegiatan vaksinasi di Kampus Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan (PPSDMAP) di Semplak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi kolaborasi yang baik untuk menyukseskan program vaksinasi ini. Kebersamaan tersebut akan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan membuat masyarakat makin percaya untuk divaksin.

"Bapak Presiden menginstruksikan kepada kami untuk secara proaktif melakukan kegiatan mendukung vaksinasi. Dan ini kami lakukan secara intensif beberapa tempat seperti di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kampus PPI Curug, dan hari ini di Bogor," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/8).

"Bogor dengan penduduk lebih dari 5 juta menjadi salah satu sasaran vaksinasi. Kita harus mengejar Jakarta yang sudah 60% lebih yang telah divaksin dosis pertama, supaya Jabodetabek memiliki herd immunity yang semakin baik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan kegiatan ini juga mengerahkan sejumlah tenaga kesehatan dari TNI AD, Kemenhub, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor. Selain kegiatan vaksinasi, Kemenhub bersama TNI AD juga memberikan bantuan sosial berupa sembako. Bantuan ini diberikan kepada para pengemudi angkot, ojek online, serta masyarakat sekitar Kabupaten Bogor yang diserahkan secara simbolis.

Di kesempatan tersebut, Budi juga mengunjungi tempat isolasi mandiri di PPSDMAP, serta memberikan buah-buahan lokal kepada para tenaga kesehatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye Gelar Buah Nusantara yang ke-6 Tahun 2021.

"Melalui kampanye ini, saya mengajak seluruh masyarakat dan juga buat para nakes untuk mengonsumsi buah lokal untuk meningkatkan kesehatan kita. Melalui gerakan ini diharapkan juga dapat mendorong peningkatan produksi buah lokal, yang mensejahterakan petani kita dan berdampak pada upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Dalam upaya mempercepat program vaksinasi nasional, Kemenhub juga bekerja sama dengan Kementerian BUMN, PT Pelni dan sejumlah pemerintah daerah. Budi menyampaikan pihaknya juga tengah menyiapkan sejumlah kapal untuk digunakan sebagai tempat isolasi terapung.

"Kemenhub bersama PT Pelni dan Pemkot Makassar telah mengoperasikan isolasi terpusat apung di atas kapal Pelni di Makassar. Saat ini kami tengah mempersiapkan hal yang sama di beberapa kota di Bitung, Padang, Medan, Palembang, Lampung dan Balikpapan. Kami berharap isolasi terapung di kapal ini dapat membantu mengatasi permasalahan keterbatasan ruang perawatan di rumah sakit," katanya.

Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan penanganan pandemi COVID-19 harus dilakukan secara bersama-sama. Salah satunya dengan kolaborasi dalam pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat.

Ia berharap Program Serbuan Vaksinasi dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk vaksinasi sehingga mempercepat herd immunity.

Sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut turut hadir Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji mewakili KASAD, Pangdam III Silwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, dan Bupati Kabupaten Bogor Ade Munawaroh Yasin, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan Plt. Kepala BPSDMP Capt. Antoni Arif Priadi.

KEYWORD :

Kementerian Perhubungan Budi Karya Sumadi Vaksinasi Bogor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :