Jum'at, 19/04/2024 20:34 WIB

Militer Myanmar Tawarkan Amnesti Kepada Pengunjuk Rasa yang Bersembunyi

Sejak kudeta, pasukan keamanan telah menangkap lebih dari 7.000 orang, sementara 1.984 surat perintah dikeluarkan, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, sebuah kelompok aktivis.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan di belakang barikade selama protes terhadap kudeta militer di Yangon, Myanmar pada 27 Februari 2021. [Stringer - Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Militer Myanmar menawarkan membebaskan tuntutan terhadap beberapa pengunjuk rasa yang terlibat dalam demonstrasi  jika melapor kepada pihak berwenang.

Negara Asia Tenggara itu berada dalam kekacauan sejak tentara menggulingkan pemerintah Aung San Suu Kyi yang dipilih secara demokratis enam bulan lalu. Hal itu memicu gelombang protes dan gerakan pembangkangan sipil yang melumpuhkan sebagian negara bagian.

Sejak kudeta, pasukan keamanan telah menangkap lebih dari 7.000 orang, sementara 1.984 surat perintah dikeluarkan, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, sebuah kelompok aktivis.

Global New Light of Myanmar yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa tidak ada amnesti yang akan ditawarkan kepada siapa pun yang dicari untuk kejahatan seperti pembunuhan, pembakaran atau serangan terhadap tentara.

"Oleh karena itu, mereka yang ingin kembali ke rumah atas kemauan mereka sendiri ... dapat dengan aman menghubungi nomor telepon berikut atau kantor polisi terdekat, badan administrasi kabupaten dan kota," kata laporan media pemerintah.

Pasukan keamanan secara brutal menekan protes, menewaskan ratusan orang sejak kudeta, dan gagasan untuk menyerah kepada otoritas militer ditolak oleh beberapa orang yang saat ini bersembunyi dan menghadapi tuduhan.

"Ini mungkin sebuah pengaturan," kata Khin Myat Myat Naing, 35, yang  didakwa berdasarkan pasal 505A KUHP, yang mengkriminalisasi komentar yang dapat menyebabkan ketakutan atau menyebarkan berita palsu dan dapat dihukum hingga tiga tahun penjara. penjara.

"Mereka terus mengubah apa yang mereka katakan sepanjang waktu. Misalnya, janji pemilihan mereka," tambah blogger dan influencer perjalanan berusia 35 tahun itu.

Penguasa militer Myanmar Min Aung Hlaing minggu ini berjanji untuk mengadakan pemilihan pada Agustus 2023.

Tak lama setelah kudeta, para pemimpin junta menjanjikan pemilihan umum dalam waktu dua tahun, sehingga referensi itu ditafsirkan oleh beberapa media lokal sebagai perpanjangan jangka waktu pemilihan selama enam bulan.

Sai Tun, 33, seorang jurnalis lepas, yang bersembunyi dan menghadapi dakwaan berdasarkan pasal 505A setelah mengambil foto saat protes, mengatakan dia juga tidak berencana untuk menyerahkan diri.

"Selama tentara ada di sana, kami akan menjadi buronan," kata Sai Tun, yang ditembak di kaki pada protes dan menggantungkan harapannya pada milisi lokal yang menentang militer yang akhirnya merebut kembali kekuasaan. (Reuters)

KEYWORD :

Militer Myanmar Aung San Suu Kyi Demonstran Bersembunyi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :