Rabu, 24/04/2024 01:07 WIB

Vaksinasi Dosis Ketiga Nakes Ditargetkan Rampung Akhir Agustus

Dia menyebut setidaknya tercatat ada 124 ribu nakes di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Vaksinasi covid-19 dosisi ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) ditargetkan rampung pada akhir Agustus. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Jadi total tenaga medis di Jakarta ini ada 124 ribu, mudah-mudahan akhir bulan bisa selesai," kata Anies di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Jumat (6/8).

Anies mengatakan proses vaksinasi dosis ketiga di Jakarta telah dimulai pada 24 Juli lalu untuk nakes di rumah sakit-rumah sakit vertikal. Sementara untuk RSUD, telah dimulai pada pekan ini.

Di mana dalam pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga, pihaknya mengatur penjadwalan agar pelayanan di rumah sakit tidak terganggu. Sebab, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) vaksin moderna dirasakan oleh para nakes.

"Dirasakan oleh para tenaga medis memiliki KIPI walaupun ringan, itu ada yang merasakan panas bahkan kadang-kadang ada yang merasakan lengannya pegal, tidak berfungsi dengan normal, sehingga biasanya ada break 1 sampai 2 hari. Karena itulah proses vaksinnya dilakukan secara bertahap," kata dia.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan target vaksinasi 8,8 juta orang di Jakarta akan tercapai dalam waktu dekat. Ia memaparkan, data terbaru, capaian dosis satu di Jakarta telah menyentuh 8,2 juta orang.

"Kita sehari itu range-nya 130 ribu sampai 200 ribu. Jadi bisa dikira-kira saja. Kalau sudah 8 koma itu, 8 hari saja sudah jadi 9 juta. Karena range-nya tinggi, Sabtu-Minggu yang agak rendah," ujarnya

KEYWORD :

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Covid-19 Vaksinasi Nakes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :