Jum'at, 26/04/2024 03:07 WIB

Korut Tuding AS "Dalang" Kerusuhan di Kuba

Media pemerintah Korea Utara menyalahkan Amerika Serikat karena mengobarkan protes anti-pemerintah di Kuba bulan lalu, dengan mengatakan bahwa Washington

Masyarakat Kuba melakukan demonstrasi (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Media pemerintah Korea Utara menyalahkan Amerika Serikat karena mengobarkan protes anti-pemerintah di Kuba bulan lalu, dengan mengatakan bahwa Washington "jelas" berada di balik demonstrasi tersebut.

Ribuan orang Kuba turun ke jalan pada 11 Juli dalam demonstrasi terbesar di pulau komunis dalam beberapa dekade, mengekspresikan kemarahan dan frustrasi atas kekurangan makanan dan obat-obatan, seringnya pemadaman listrik dan penanganan pemerintah terhadap krisis virus corona. Para pengunjuk rasa meminta Presiden Miguel Diaz-Canel untuk mundur.

Washington bereaksi dengan dukungan untuk para demonstran Kuba dan Presiden AS Joe Biden mengatakan Amerika Serikat berdiri dengan rakyat Kuba dan seruan mereka untuk kebebasan dan bantuan dari cengkeraman tragis pandemi dan dari dekade represi dan ekonomi. penderitaan yang mereka alami oleh rezim otoriter Kuba.

Artikel Korea Utara hari Kamis, dikreditkan ke analis urusan internasional Kim Yun Mi, menyalahkan kebijakan AS atas kondisi mengerikan di Kuba.

"Sudah diketahui dengan baik bahwa AS telah melakukan setiap upaya jahat selama beberapa dekade untuk menggulingkan pemerintah Kuba yang sah dan memulihkan rezim reaksioner pro-AS," tulis Kin dalam artikel yang diterbitkan oleh Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah.

"Krisis, produk langsung dari manipulasi belakang panggung AS dan kebijakan terus-menerus memblokade Kuba, adalah perpanjangan dari gerakan konspirasi AS untuk menggulingkan pemerintah Kuba."

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi kepada para pemimpin Kuba yang dianggap bertanggung jawab atas tindakan keras terhadap para pengunjuk rasa, termasuk menteri pertahanan dan kepala polisi.

Pekan lalu, Biden mengatakan akan ada lebih banyak sanksi, kecuali ada beberapa perubahan drastis di Kuba, yang tidak saya antisipasi. Dia menambahkan bahwa Amerika Serikat meningkatkan bantuan untuk pembangkang Kuba dan tahanan politik.

Dukungan untuk para pengunjuk rasa oleh Washington "jelas membuktikan bahwa AS berada di belakang demonstrasi anti-pemerintah baru-baru ini di Kuba," kata artikel KCNA.

Artikel tersebut menuduh Washington membangkitkan perpecahan dan destabilisasi internal Kuba, menggunakan Internet sebagai ruang untuk meningkatkan propaganda melawan pemerintah Kuba dan menggalang elemen-elemen reaksioner.

Kementerian luar negeri Korea Utara sebelumnya menyalahkan Amerika Serikat atas kerusuhan di Kuba. Bulan lalu, Wakil Menteri Luar Negeri Pak Myong Guk mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa jelas bahwa pelaku utama dan manipulator di balik layar situasi Kuba tidak lain adalah AS.

"Pyongyang dan Havana telah memiliki hubungan diplomatik sejak 1960 dan kedua negara otoriter itu tetap menjadi sekutu dekat internasional. Pada tahun 2018, Diaz-Canel mengunjungi Pyongyang dan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un," katanya.

Setelah protes di Kuba, pemerintah Korea Utara mengadakan rapat umum di mana orang-orang mengutuk sanksi AS sambil membawa bendera Kuba dan foto mendiang Fidel Castro .

Korea Utara telah berada di bawah sanksi internasional yang dipimpin AS sejak 2017 karena program senjata nuklir dan misilnya. 

Negara yang tertutup itu juga menghadapi kesulitan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 dan kondisi cuaca buruk yang merusak tanaman.

Beberapa analis percaya bahwa melihat protes di Kuba mungkin menyebabkan kekhawatiran di Pyongyang.

"Ada kemungkinan besar bahwa peristiwa di Kuba ini menjadi perhatian setidaknya beberapa pemimpin Korea Utara karena apa yang terjadi di Kuba mungkin juga terjadi di negara mereka sendiri," Robert R. King, mantan utusan khusus untuk masalah hak asasi manusia Korea Utara di Departemen Luar Negeri AS, menulis pada hari Selasa.

"Korea Utara prihatin dengan memburuknya kondisi ekonomi dan dampak pandemi COVID-19," tulis King di situs lembaga think tank Center for Strategic and International Studies yang berbasis di Washington.

"Akibatnya, para pemimpin Korea Utara kemungkinan besar mengamati perkembangan di Kuba lebih dekat daripada yang mungkin mereka lakukan di masa lalu."

KEYWORD :

Kerusuhan Kuba Amerika Serikat Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :