Kamis, 25/04/2024 14:18 WIB

Beruang Kutub di Greenland Terancam Ditembak

Serangan terhadap tim dokumenter di dekat pangkalan militer terjadi saat wilayah otonom Arktik Denmark mengalami rekor gelombang panas dan saat beruang kutub berkeliaran lebih jauh untuk mencari makanan.

Beruang kutub (foto: Google)

Kopenhagen, Jurnas.com - Seekor beruang kutub di Greenland mungkin akan ditembak mati di lain waktu karena membahayakan orang-orang setelah beberapa pertemuan jarak dekat, termasuk yang menggigit tangan anggota tim dokumenter.

Serangan terhadap tim dokumenter di dekat pangkalan militer terjadi saat wilayah otonom Arktik Denmark mengalami rekor gelombang panas dan saat beruang kutub berkeliaran lebih jauh untuk mencari makanan.

Senin pagi (2/8), saat matahari tidak terbenam di musim panas di lintang ini, beruang itu menjulurkan kepalanya melalui jendela stasiun penelitian yang tertutup rapat tempat tim dokumenter tinggal sekitar 400m dari pangkalan kecil Daneborg.

Sebuah unit militer Artic Denmark yang berbasis di Greenland mengatakan beruang itu menggigit tangan salah satu dari tiga anggota tim laki-laki sebelum mereka menggunakan pistol peringatan untuk memaksa hewan itu melarikan diri.

Diangkut pertama ke Daneborg, pembuat film dokumenter yang terluka harus dievakuasi ke Akureyri, sebuah kota di Islandia.

Sudah disalahkan atas lima insiden sampai sekarang, beruang itu kembali lagi nanti di pagi hari dan kemudian lagi pada Senin hingga Selasa ketika ia memecahkan jendela stasiun penelitian sebelum melarikan diri.

"Pihak berwenang setempat mulai sekarang mengkategorikan beruang itu sebagai `bermasalah`, yang memungkinkannya ditembak mati, jika ia kembali," kata unit militer Denmark.

Insiden itu terjadi saat timur laut Greenland mengalami gelombang panas, dengan rekor suhu baru 23,4 derajat Celcius.

Para ahli mengatakan mundurnya lapisan es, tempat berburu beruang kutub, memaksa mereka untuk lebih sering tinggal di darat dan mereka merasa lebih sulit untuk menemukan makanan dan mempertahankan spesies yang sudah dianggap rentan.

Meski masih jarang, pertemuan dekat dengan manusia meningkat karena beruang lebih sering mendekati daerah berpenghuni untuk mencari makanan, kata petugas perlindungan lingkungan.

Sebuah studi yang muncul pada Juli 2020 dalam publikasi Nature Climate Change memperingatkan bahwa beruang kutub menghadapi kepunahan sekitar tahun 2100. Saat ini mereka berjumlah sekitar 25.000 individu. (AFP)

KEYWORD :

Beruang Kutub Greenland Membahayakan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :