Kamis, 25/04/2024 08:59 WIB

ICW Belum Terima Somasi Resmi KSP Moeldoko

Somasi yang dimaksud terkait tudingan ICW membentuk opini bahwa Moeldoko terlibat dalam perburuan rente obat ivermectin hingga ekspor beras.

Obat ivermectin disebut-sebut sebagai obat Covid-19.

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengaku belum menerima somasi resmi dari Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko. Somasi yang dimaksud terkait tudingan ICW membentuk opini bahwa Moeldoko terlibat dalam perburuan rente obat ivermectin hingga ekspor beras.

"Hingga saat ini ICW belum menerima somasi resmi dalam bentuk tertulis dari pihak Moeldoko," kata Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Jumat (30/7).

Sebelumnya, Moeldoko melalui kuasa hukumnya, Otto Hasibuan menyebut apabila ICW tidak dapat membuktikan bahwa klienya terlibat dalam peredaran Ivermectin, maka ICW diminta mencabut pernyataannya dan meminta maaf. Jika tidak bersedia meminta maaf secara terbuka maka akan melapor kepada yang berwajib.

Meski demikian, Kurnia mengaku tak mengetahui terkait poin-poin apa saja yang menjadi keberatan dalam tudingan tersebut. Namun, ia mengatakan bahwa pengawasan korupsi tidak akan berhenti.

"Akan tetapi, kami juga menegaskan bahwa kerja-kerja pemberantasan korupsi, terutama dalam hal pengawasan, tidak akan berhenti karena adanya isu ini," kata Kurnia

Kurnia menegaskan bahwa penelitian yang dihasilkan oleh ICW adalah bagian dari fungsi pengawasan masyarakat terhadap jalannya proses pemerintahan, termasuk di dalamnya para pejabat publik.

"Selain itu, ini pun bukan kali pertama, sejak ICW berdiri, mandat organisasi memang sepenuhnya didedikasikan untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan terbebas dari praktik korupsi, kolusi, maupun nepotisme," ungkap Kurnia.

ICW sebelumnya menyebut Moeldoko dalam jabatannya sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) punya hubungan dengan PT Noorpay Nusantara Perkasa, yaitu mengadakan program pelatihan petani di Thailand.

PT Noorpay sahamnya dimiliki oleh Sofia Koswara sebagai Wakil Presiden PT Harsen Laboratories, produsen Ivermectin yang disebut-sebut sebagai salah satu obat COVID-19.

Egi mengungkapkan jejaring itu diduga mencari keuntungan di tengah krisis pandemi lewat relasi politik apalagi putri Moeldoko, yaitu Joanina Rachman adalah pemegang saham mayoritas di PT Noorpay Nusantara Perkasa.

KEYWORD :

Kepala staf presiden Moeldoko KSP ICW Covid-19 ivermectin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :