Kamis, 25/04/2024 16:53 WIB

Ramah Lingkungan dan Futuristik, PDIP Bangun Kantor Pakai Solar Panel dan Hemat Energi

Karyawan Partai Gunakan Motor Listrik

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan berupaya mewujudkan Rumah Kebangsaan Indonesia Raya yang sarat dengan pesan kebudayaan dan juga komitmen terhadap lingkungan.

“Kantor Pusat DPP PDI Perjuangan menjadi percontohan green building," ujar Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Rabu (28/7/2021).

Selain taman-taman vertikal, bangunan kantor Partai juga dilengkapi dengan solar panel. Sementara dari aspek kebudayaan, kantor Partai juga dipasang banyak lukisan dari pelukis ternama yang mengedepankan semangat juang.

Dengan dipasang solar panel tersebut, jelas Hasto, maka PDI Perjuangan tercatat sebagai kantor Partai pertama yang menerapkan green building tersebut.

Ia memaparkan kontribusi PLTS DPP Partai dengan kapasitas terpasang 2x10 Kw (tiap tahun), mampu memroduksi energi sebesar  24,6 juta KWH atau mampu mengurangi emisi CO2 9,8 ton per tahun.

"Ini setara dengan  perlindungan terhadap penebangan pohon (deforestasi) sebanyak 1.354 pohon. Dari aspek perekonomian, dapat menghemat biaya listrik sebesar Rp.40 juta per tahun," jelasnya. 

Selain hal itu, kata Hasto, PDIP juga mendukung program pemerintah di dalam pengembangan motor listrik, maka mulai hari ini karyawan DPP Partai melakukan uji coba penggunaan motor listrik.

"Dengan memberikan atensi yang begitu besar terhadap lingkungan, maka watak politik “Merawat Pertiwi” melalui penghijaun, green building, dan merawat lingkungan agar semakin asri sebagaimana menjadi instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri, akan menjadi kultur Partai," tuntas Hasto Kristiyanto.

KEYWORD :

green building solar panel listrik budaya PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :