Jum'at, 26/04/2024 06:08 WIB

Lonjakan Iklan Dongkrak Laba Alphabet Tiga Kali Lipat

Titan internet melaporkan bahwa laba hampir tiga kali lipat dari tahun lalu menjadi US$18,5 miliar dari pendapatan yang meningkat tajam menjadi US$61,9 miliar.

Halaman pencarian Google terlihat melalui kaca pembesar dalam ilustrasi foto yang diambil di Berlin. (Foto: Reuters)

San Francisco, Jurnas.com - Induk Google Alphabet melaporkan laba kuartalan yang hampir tiga kali lipat karena uang mengalir dari iklan di mesin pencari (search engine) dan platform video YouTube.

"Ada gelombang peningkatan aktivitas online di banyak bagian dunia, dan kami bangga bahwa layanan kami membantu begitu banyak konsumen dan bisnis," kata kepala eksekutif Alphabet, Sundar Pichai tentang kuartal tersebut.

Titan internet melaporkan bahwa laba hampir tiga kali lipat dari tahun lalu menjadi US$18,5 miliar dari pendapatan yang meningkat tajam menjadi US$61,9 miliar.

Google adalah salah satu perusahaan teknologi yang melihat penggunaan melonjak saat pandemi mempercepat tren ke arah bekerja, berbelanja, bersosialisasi, dan lebih banyak lagi secara online.

Pichai memuji investasi jangka panjang dalam kecerdasan buatan dan komputasi awan sebagai kekuatan kinerja raksasa internet itu.

Kuartal yang kuat juga mencerminkan aktivitas online konsumen yang meningkat dan kekuatan berbasis luas dalam pembelanjaan pengiklan, karena ekonomi global berusaha untuk pulih dari kerusakan yang disebabkan oleh pandemi, menurut kepala keuangan Ruth Porat.

Pichai membuka panggilan pendapatan dengan mendesak orang-orang untuk divaksinasi terhadap Covid-19.

Google berada di jalur untuk menghasilkan US$130 miliar dalam pendapatan iklan secara keseluruhan tahun ini, meningkat sekitar 25 persen dari tahun sebelumnya, menurut eMarketer.

Itu akan memberi raksasa teknologi yang berbasis di California 28,6 persen dari pasar iklan digital di seluruh dunia, dengan Facebook di tempat kedua dengan hanya 24 persen, pelacak pasar diproyeksikan.

"YouTube adalah segmen dengan pertumbuhan tercepat selama kuartal ini dan menunjukkan kekuatan iklan video yang berkelanjutan untuk respons langsung dan sasaran merek," kata analis utama eMarketer Nicole Perrin.

Bisnis komputasi awan Google, yang bersaing dengan pembangkit tenaga listrik Amazon dan Microsoft, diposisikan untuk menarik lebih banyak bisnis mengingat kekuatannya menganalisis data untuk perusahaan dan bertahan melawan ancaman seperti ransomware, menurut Pichai.

"Perusahaan benar-benar mulai berpikir secara mendalam tentang kerentanan mereka," kata Pichai kepada analis keuangan pada panggilan pendapatan. "Ini jelas merupakan area di mana kami melihat banyak percakapan; banyak minat." (AFP)

KEYWORD :

Induk Google Alphabet Kinerja Peruhaan Pandemi COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :