Kamis, 25/04/2024 10:52 WIB

Pusat Ekonomi Vietnam Berlakukan Jam Malam Ketat

Setelah berhasil menahan wabah COVID-19 terbatas tahun lalu, negara komunis itu sekarang mencatat peningkatan infeksi dan kematian yang dipicu oleh varian Delta yang sangat menular.

Kota Ho Chi Minh di selatan telah terpukul keras oleh gelombang cepat Covid-19 terbaru AFP/Huu Khoa

Hanoi, Jurnas.com - Lebih dari 10 juta penduduk Kota Ho Chi Minh akan ditempatkan di bawah jam malam yang ketat mulai Senin (26/7), sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengekang infeksi saat Vietnam memerangi lonjakan cepat COVID-19.

Setelah berhasil menahan wabah COVID-19 terbatas tahun lalu, negara komunis itu sekarang mencatat peningkatan infeksi dan kematian yang dipicu oleh varian Delta yang sangat menular.

Yang paling terpukul adalah pusat industri utara dan Kota Ho Chi Minh di selatan, yang telah mencatat lebih dari 62.000 infeksi sejak April - merupakan bagian terbesar dari 101.000 kasus Vietnam.

Pihak berwenang telah membatasi pergerakan di pusat ekonomi yang dulu ramai selama lebih dari dua bulan, dan memberlakukan penguncian pada awal Juli. Warga diperbolehkan keluar rumah hanya untuk keperluan medis dan makanan.

Tetapi mulai Senin, perintah tambahan yang ketat untuk tinggal di rumah akan berlaku mulai pukul 6 sore hingga 6 pagi waktu setempat - meskipun pihak berwenang menolak untuk menggunakan kata "jam malam". Tidak ada tanggal akhir yang diumumkan untuk tindakan tersebut.

"Penegakan hukum setempat perlu meningkatkan patroli ... dan mengeluarkan hukuman yang sesuai bagi pelanggar, bahkan penahanan dalam kasus perlawanan," kata walikota Nguyen Thanh Phong, menurut media pemerintah.

Hampir semua jaringan transportasi umum dengan kota telah ditangguhkan, sementara pelancong yang berasal dari kota diharuskan tinggal di pusat karantina wajib setidaknya selama dua minggu.

Saat ini, lebih dari sepertiga dari 100 juta orang Vietnam berada di bawah penguncian, termasuk penduduk ibukotanya Hanoi di utara.

Pada hari Senin, militer melewati jalan-jalan besar di seluruh kota, menyemprotkan disinfektan saat mereka melewati gedung-gedung bersejarah dan Danau Hoan Kiem, objek wisata utama.

Seorang perwira militer mengatakan kepada AFP bahwa personel militer akan melanjutkan kampanye desinfeksi selama tiga hari ke depan.

Vietnam adalah salah satu dari sedikit ekonomi yang berkembang tahun lalu karena keberhasilannya dalam menahan virus selama gelombang pertama pandemi.

Tetapi pengadaan dan pemberian vaksin lambat, dengan hanya 4,7 juta dosis yang diberikan sejauh ini.

Dia juga mengembangkan inokulasinya sendiri dan pihak berwenang mengatakan mereka berharap untuk mencapai kekebalan kawanan pada awal 2022. (AFP)

KEYWORD :

Kota Ho Chi Minh Vietnam Asia Tenggara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :