Sabtu, 20/04/2024 13:11 WIB

Studi: Dosis Campuran Pfizer-AstraZeneca Enam Kali Lebih Ampuh

Penelitian menunjukkan bahwa campuran vaksin Pfizer dan AstraZeneca mampu meningkatkan antibodi enam kali lipat, dibandingkan dengan dua suntikan AstraZeneca.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: Reuters)

Seoul, Jurnas.com - Penelitian menunjukkan bahwa campuran vaksin Pfizer dan AstraZeneca mampu meningkatkan antibodi enam kali lipat, dibandingkan dengan dua suntikan AstraZeneca.

Dikutip dari Reuters pada Senin (26/7), penelitian ini melibatkan 499 pekerja medis, 100 responden menerima dosis campuran, 200 menerima dua dosis suntikan Pfizer/BioNTech, dan sisanya mendapatkan dua suntikan AstraZeneca.

Semua menunjukkan antibodi penetralisir, yang mencegah virus memasuki sel dan bereplikasi, dan hasil dari jadwal campuran vaksin menunjukkan jumlah antibodi penetralisir yang serupa ditemukan dari kelompok yang menerima dua suntikan Pfizer.

Sebuah penelitian di Inggris bulan lalu menunjukkan hasil yang serupa. Suntikan AstraZeneca yang diikuti oleh Pfizer menghasilkan respons sel T terbaik, dan respons antibodi yang lebih tinggi dari pada Pfizer yang diikuti oleh AstraZeneca.

Data tersebut memberikan dukungan lebih lanjut untuk keputusan beberapa negara untuk menawarkan alternatif AstraZeneca sebagai suntikan kedua, setelah vaksin dikaitkan dengan pembekuan darah yang langka.

Penelitian di Korea Selatan juga menganalisis aktivitas penetralan terhadap varian utama yang menjadi perhatian, menurut laporan Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA).

Tak satu pun dari kelompok tersebut menunjukkan pengurangan aktivitas penetralan terhadap varian Alpha yang pertama kali diidentifikasi di Inggris, tetapi titer netralisasi menurun 2,5-6 kali lipat terhadap Beta, Gamma dan Delta, yang masing-masing pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, Brasil dan India.

KEYWORD :

AstraZeneca Pfizer Vaksin Covid-19 Penelitian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :