Rabu, 24/04/2024 00:06 WIB

Terduga Pelaku Penikaman Presiden Mali Meninggal di RS

Goita menjadi sasaran saat sedang salat di salah satu masjid di Bamako pada Selasa lalu. Namun kolonel pasukan khusus itu berhasil lolos dari upaya pembunuhan.

Presiden sementara Mali, Asimi Goita (Foto: Reuters)

Bamako, Jurnas.com - Terduga pelaku percobaan penikaman Presiden sementara Mali, Asimi Goita, meninggal di rumah sakit. Pria itu tengah berada di dalam rumah tahanan, usai gagal menikam Goita pekan lalu.

Dikutip dari Reuters pada Senin (26/7), Goita menjadi sasaran saat sedang salat di salah satu masjid di Bamako pada Selasa lalu. Namun kolonel pasukan khusus itu berhasil lolos dari upaya pembunuhan.

Menurut video yang beredar, agen keamanan tampak melemparkan seorang pria ke bagian belakang truk pickup militer, selagi Goita dikelilingi oleh pengawal.

"Selama penyelidikan kondisi kesehatannya memburuk," demikian bunyi pernyataan agen keamanan. "Dia dibawa ke rumah sakit, di mana dia meninggal," sambungnya. Penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan penyebab kematian.

Mali yang kini berperang melawan Al Qaeda dan pemberontak terkait ISIS selama satu dekade, bergulat dengan kekacauan politik setelah junta militer yang dipimpin oleh Goita menggulingkan Presiden Ibrahim Boubacar Keita pada Agustus 2020.

Goita menjabat sebagai wakil presiden untuk pemimpin transisi Bah Ndaw, sampai penggulingan yang terakhir pada Mei lalu.

KEYWORD :

Mali Asimi Goita Pembunuhan Presiden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :