Jum'at, 19/04/2024 01:59 WIB

2021, Kredit Diprediksi Tumbuh Hingga Enam Persen

Dari sisi suplai, pertumbuhan kredit yang mulai positif tersebut didorong oleh mulai melonggarnya index of lending standard (ILS).

Gubernur BI Perry Warjiyo. (Foto: bisnis.com)

Jakarta, Jurnas.com - Tahun 2021, Bank Indonesia (BI) prediksi pertumbuhan kredit berada dalam rentang kisaran 4-6 persen. Angka ini ebih rendah dari perkiraan sebelumnya yakni 5-7 persen, hingga fungsi intermediasi perbankan masih perlu ditingkatkan.

"BI terus perkuat sinergi kebijakan dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dan meningkatkan kredit kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas, termasuk UMKM," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Sementara itu, pertumbuhan kredit diperkirakan akan lebih rendah dari proyeksi sebelumnya pada triwulan III-2021, sejalan dengan menurunnya kegiatan ekonomi karena pembatasan mobilitas akibat COVID-19, dan kembali meningkat pada triwulan IV-2021.

Perry menjelaskan, intermediasi perbankan masih belum kuat saat ini meski sudah tumbuh positif, yaitu sebesar 0,59 persen pada Juni 2021 yang didorong oleh mulai membaiknya permintaan kredit, seiring dengan berlanjutnya pemulihan kinerja dan aktivitas korporasi, rumah tangga dan UMKM.

"Dari sisi suplai, pertumbuhan kredit yang mulai positif tersebut didorong oleh mulai melonggarnya index of lending standard (ILS)," ucap dia.

Kendati demikian, ketahanan sistem keuangan masih tetap terjaga yang tercermin dari rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) perbankan Mei 2021 tetap tinggi yakni sebesar 24,28 persen dan rasio kredit bermasalah alias Non Performing Loan (NPL) tetap terjaga, yakni 3,35 persen (bruto) dan 1,1 persen (neto).

Di sisi lain, kondisi likuiditas perbankan juga sangat longgar, tercermin pada rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) yang tinggi, yakni 32,95 persen dan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 11,28 persen.

Menurut dia, likuiditas perbankan yang sangat longgar tersebut didukung penambahan likuiditas bank sentral sebesar Rp101,1 triliun sejak 1 Januari hingga 19 Juli 2021.

"Ke depan, membaiknya aktivitas kredit diharapkan dapat lebih meningkatkan peran ekspansi likuiditas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui kecepatan perputaran uang di ekonomi," ujar Perry.

KEYWORD :

Bank Indonesia Pertumbuhan Kredit Perry Warjiyo Likuiditas Perbankan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :