Jum'at, 19/04/2024 12:48 WIB

Pasokan Bawang Putih dan Bawang Bombay Diperkirakan Bakal Mengalami Gangguan

Kontainer tersebut berpendingin, namun dengan keterlambatan akibat gangguan sistem tersebut, maka setiap kontainer yang tertahan harus dicolok listrik hingga sistem CEISA kembali normal.

Bawang Putih

Jakarta, Jurnas.com - Sistem layanan Customs-Excise Information System and Automation (CEISA) yang digunakan Bea Cukai dalam pelayanan kepabeanan dan cukai mengalami gangguan. Imbasnya, kontainer berisi bawang putih atau bawang bombay impor menjadi terganggu proses pengeluaran dari pelabuhan.

"Kami informasikan, dua minggu ini terjadi gangguan sistem layanan CEISA yang digunakan Bea Cukai dalam pelayanan kepabeanan dan cukai," kata Ketua Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang Putih dan Sayuran Umbi Indonesia (Pusbarindo), Valentino dalam keterangannya diterima Jurnas.com.

Valentino menjelaskan, kontainer tersebut berpendingin, namun dengan keterlambatan akibat gangguan sistem tersebut, maka setiap kontainer yang tertahan harus dicolok listrik hingga sistem CEISA kembali normal.

Konsekuensinya, lanjut Valentino, selain ada tambahan biaya akibat konsumsi listrik tersebut dan tidak menutup kemungkinan akan ada gangguan pasokan bawang putih dan bawang bombay dalam beberapa waktu mendatang.

"Perkiraan kami ada sekitar 300 kontainer yang tertahan belum bisa keluar yang berisi terdiri dari bawang putih, bombay, termasuk sayuran dan buah," kata Valentino.

KEYWORD :

Bawang Putih Bawang Bombay Pusbarindo Valentino




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :