Rabu, 24/04/2024 11:22 WIB

Orang Terkaya Sedunia Meluncur ke Luar Angkasa

Pesawat New Shepard milik Blue Origin yang memuat orang terkaya sedunia, Jeff Bezos, meluncur ke luar angkasa pada Selasa (20/7) petang waktu Indonesia, dari guru Texas Barat, Amerika Serikat.

New Shepard milik Blue Origin akan memuat Jeff Bezon ke luar angkasa (Reuters)

Texas, Jurnas.com - Pesawat New Shepard milik Blue Origin yang memuat orang terkaya sedunia, Jeff Bezos, meluncur ke luar angkasa pada Selasa (20/7) petang waktu Indonesia, dari guru Texas Barat, Amerika Serikat.

Pesawat ruang angkasa menyalakan mesin BE-3 untuk lepas landas dari fasilitas Launch Site One sekitar 20 mil (32 km) di luar kota pedesaan Van Horn. Selama peluncuran, langit tampak cerah disertai awan tipis.

Miliarder Amerika berusia 57 tahun itu terbang dalam perjalanan 11 menit yang direncanakan ke tepi ruang angkasa, sembilan hari setelah warga Inggris Richard Branson naik pesawat suborbital perdana perusahaan pariwisata ruang angkasa Virgin Galactic yang sukses dari New Mexico.

Bezos, mengenakan setelan penerbangan biru dan topi koboi, dan penumpang lainnya naik ke kendaraan SUV untuk perjalanan singkat ke landasan peluncuran, sebelum berjalan menaiki menara dan naik ke pesawat ruang angkasa yang putih berkilau.

"Mereka berada dalam penerbangan seumur hidup," kata presenter peluncuran Ariane Cornell dari Blue Origin pada webcast langsung dikutip dari Reuters.

Branson sampai ke luar angkasa terlebih dahulu, tetapi Bezos akan terbang lebih tinggi yakni setinggi 100 km dengan Blue Origin, dibandingkan 86 km yang dicatatkan Virgin Galactic. Ini merupakan penerbangan luar angkasa tanpa pilot pertama di dunia, dengan semua awaknya dari kalangan sipil. Ini juga penerbangan awak pertama Blue Origin ke luar angkasa.

Bezos, pendiri Amazon.com dan saudaranya Mark Bezos, seorang eksekutif ekuitas swasta, bergabung dengan dua orang lainnya. Penerbang wanita perintis Wally Funk (82), serta lulusan sekolah menengah baru Oliver Daemen (18) menjadi orang tertua dan termuda yang mencapai luar angkasa.

Penerbangan itu bertepatan dengan hari jadi warga Amerika Neil Armstrong dan Edwin "Buzz" Aldrin, menjadi manusia pertama yang berjalan di bulan, pada 20 Juli 1969. Nama Shepard baru diambil dari Alan Shepard, yang pada 1961 menjadi orang Amerika pertama di luar angkasa.

KEYWORD :

Jeff Bezos Amazon Orang Terkaya Luar Angkasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :