Jum'at, 19/04/2024 18:00 WIB

Manny Pacquiao Terpilih Sebagai Pemimpin Partai yang Berkuasa di Filipina

Pemungutan suara dilakukan karena pejabat yang ada sudah melewati batas masa jabatan dua tahun mereka, Melvin Matibag, wakil sekretaris jenderal partai, mengatakan kepada wartawan.

Manny Pacquiao (Foto: Rappler)

Manila, Jurnas.com - Senator dan bintang tinju Filipina, Emmanuel "Manny" Pacquiao terpilih sebagai pemimpin partai yang berkuasa di negara itu pada Sabtu, beberapa minggu setelah menantang Presiden Rodrigo Duterte atas posisinya di China dan rekor memerangi korupsi.

Pacquiao, 42, yang dipandang sebagai calon pesaing untuk menggantikan Duterte dalam pemilihan presiden tahun depan, telah lama menjadi salah satu pendukung terkuat presiden, mendukung perang berdarahnya terhadap narkoba dan upaya untuk memperkenalkan kembali hukuman mati.

Tetapi hubungan di antara mereka memburuk bulan lalu setelah Pacquiao mencerca apa yang disebutnya sikap lunak Duterte terhadap agresivitas Beijing di Laut Cina Selatan, dan mengatakan dia sedang menyelidiki korupsi di pemerintah.

Sebuah faksi dari partai demokrasi yang berkuasa yang dipimpin oleh Menteri Energi Alfonso Cusi, sekutu dekat Duterte, menyerukan pemungutan suara pada pertemuan Majelis Nasional pada hari Sabtu. Cusi terpilih sebagai presiden partai.

Pemungutan suara dilakukan karena pejabat yang ada sudah melewati batas masa jabatan dua tahun mereka, Melvin Matibag, wakil sekretaris jenderal partai, mengatakan kepada wartawan.

Duterte, yang tetap menjadi ketua, mengatakan dalam pidatonya di depan majelis bahwa partai itu tetap “kuat seperti biasanya dan … bersatu untuk lebih mengkonsolidasikan barisan kami sampai akhir masa jabatan saya dan seterusnya.”

Pacquiao mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa partainya harus fokus pada pencegahan penyebaran varian virus corona Delta yang lebih menular. “Jika Cusi dan yang lain berpikir bahwa politik lebih penting sekarang, itu terserah mereka.”

Juara delapan divisi itu berada di Amerika Serikat untuk berlatih untuk pertandingan perebutan gelar kelas welter dan belum mengumumkan pencalonannya sebagai presiden. Dia mengambil sumpah sebagai presiden partai pada bulan Desember. (Arab News)

KEYWORD :

Filipina Emmanuel Manny Pacquiao Rodrigo Duterte




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :