Kamis, 25/04/2024 19:52 WIB

Sanksi Baru AS terhadap Pejabat China Disebut Punya Niat Tercela

AS memberlakukan sanksi pada Jumat (16/7) terhadap tujuh pejabat China atas tindakan keras Beijing terhadap demokrasi di Hong Kong.

Bendera kebangsaan Amerika Serikat bersanding dengan bendera kebangsaan China (Foto: Johannes Eisele/AFP)

Hong Kong, Jurnas.com - Cabang Kementerian Luar Negeri China di Hong Kong mengatakan, sanksi baru Amerika Serikat (AS) terhadap pejabat China dan nasihat bisnisnya yang diperbarui di kota itu sangat kasar dan sangat tidak masuk akal tindakan merupakan intimidasi dengan niat tercela.

AS memberlakukan sanksi pada Jumat (16/7) terhadap tujuh pejabat China atas tindakan keras Beijing terhadap demokrasi di Hong Kong, upaya terbaru Washington untuk meminta pertanggungjawaban China atas apa yang disebutnya erosi aturan hukum di bekas jajahan Inggris itu.

Pemerintahan Biden juga mengeluarkan peringatan pada hari Jumat untuk memperingatkan bisnis AS tentang risiko terhadap operasi dan kegiatan mereka di Hong Kong setelah China memberlakukan undang-undang keamanan nasional baru di Hong Kong tahun lalu.

Seorang juru bicara Komisioner Kementerian Luar Negeri China di Hong Kong dalam sebuah pernyataan pada Jumat malam mengecam keras tindakan AS, dengan mengatakan itu adalah campur tangan terang-terangan di Hong Kong dan urusan dalam negeri China.

"Kekhawatiran (AS) tentang lingkungan bisnis Hong Kong adalah palsu; upayanya untuk menghancurkan kemakmuran dan stabilitas Hong Kong, membahayakan keamanan nasional China, dan menghambat pembangunan China adalah nyata," katanya dalam pernyataan itu.

Dia menambahkan penerapan undang-undang keamanan telah memperkuat posisi Hong Kong sebagai pusat keuangan dan bisnis internasional, dan sanksi serta tekanan AS tidak lebih dari "kertas bekas" yang tidak akan menghentikan pertumbuhan China.

Pada hari Sabtu, juru bicara pemerintah Hong Kong mengatakan Washington telah berulang kali berusaha memfitnah undang-undang tersebut selama setahun terakhir.

"Upaya terbaru Pemerintah AS untuk mengeluarkan apa yang disebut `penasihat` ... berdasarkan ketakutan yang benar-benar konyol dan tidak berdasar tentang situasi di Hong Kong hanya berfungsi untuk membuktikan lagi kemunafikan dan standar ganda, didorong oleh hegemoni ideologis," kata juru bicara dalam sebuah pernyataan. (Reuters)

KEYWORD :

China Amerika Serikat Hong Kong




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :