Kamis, 25/04/2024 20:36 WIB

Ini Alasan Malaysia Bakal Setop Pakai Vaksin Sinovac

Negara Asia Tenggara itu telah mengamankan sekitar 45 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech, cukup untuk mencakup 70 persen populasi, dibandingkan dengan 16 juta dosis suntikan Sinovac.

Vaksin Covid-19 Sinovac (Foto: ABC)

Kuala Lumpur, Jurnas.com - Kementerian Kesehatan Malaysia mengatakan akan menghentikan pemberian vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh Sinovac China setelah pasokannya berakhir, karena memiliki jumlah vaksin lain yang cukup untuk programnya.

"Dorongan inokulasi Malaysia sebagian besar akan ditambatkan oleh vaksin mRNA Pfizer-BioNTech yang bergerak maju," kata Menteri Kesehatan Malaysia, Adham Baba pada konferensi pers dengan pejabat tinggi kementerian lainnya, Kamis (15/7).

Negara Asia Tenggara itu telah mengamankan sekitar 45 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech, cukup untuk mencakup 70 persen populasi, dibandingkan dengan 16 juta dosis suntikan Sinovac.

"Sekitar setengah dari 16 juta sudah didistribusikan, jadi sisanya akan digunakan untuk menutupi dosis kedua," kata Adham. "Bagi yang belum divaksinasi, mereka akan menerima vaksin Pfizer."

Pemerintah sebelumnya mengatakan telah mengamankan 12 juta dosis Sinovac, sebagai bagian dari kesepakatan yang akan membuat perusahaan terkait negara Pharmaniaga melakukan proses pengisian dan penyelesaian vaksin untuk distribusi lokal.

Pengumuman untuk berhenti menggunakan vaksin virus tidak aktif Sinovac datang di tengah meningkatnya kekhawatiran atas kemanjurannya terhadap varian baru dan lebih menular dari COVID-19.

Tetangga Thailand minggu ini mengatakan akan menggunakan vaksin AstraZeneca sebagai dosis kedua bagi mereka yang menerima suntikan Sinovac, sementara Indonesia sedang mempertimbangkan suntikan booster bagi mereka yang menerima Sinovac dua dosis.

Vaksin lain yang disetujui di Malaysia termasuk vaksin AstraZeneca, CanSino Biologic China dan vaksin Janssen dari Johnson & Johnson.

Malaysia juga berencana pada hari Jumat untuk mengumumkan keputusannya tentang apakah akan menambahkan vaksin Sinopharm China, kata para pejabat.

Dengan 880.782 kasus dan 6.613 kematian sejauh ini, Malaysia memiliki salah satu tingkat infeksi per kapita tertinggi di Asia Tenggara, tetapi juga salah satu tingkat inokulasi tertinggi, dengan sekitar 26 persen dari 32 juta penduduknya menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19.

KEYWORD :

Malaysia Vaksin COVID-19 Sinovac




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :