Kamis, 25/04/2024 09:00 WIB

Gegara Sering Direnovasi, Hotel Ini Roboh dan Tewaskan 17 Orang

Penyelidikan awal menemukan keruntuhan itu disebabkan perubahan struktur bangunan. Konon, bangunan itu sering mengalami renovasi dalam beberapa tahun terakhir.

Hotel roboh di China (Foto BBC)

Beijing, Jurnas.com - Sekitar 17 orang tewas setelah sebuah hotel runtuh di kota Suzhou, China timur. Setelah 36 jam operasi pencarian, petugas penyelamat menemukan 23 orang terkubur di antara puing-puing, enam di antaranya selamat.

Menurut laporan Global Times pada Rabu (14/7), penyelidikan awal menemukan keruntuhan itu disebabkan perubahan struktur bangunan. Konon, bangunan itu sering mengalami renovasi dalam beberapa tahun terakhir.

"Bangunan itu dulunya hanya memiliki tiga lantai, tetapi selama bertahun-tahun mereka telah menambah lantai tambahan," kata seorang warga kepada outlet berita Red Star News dikutip dari BBC.

Pemerintah Provinsi Jiangsu mengatakan tim investigasi sedang menyelidiki kecelakaan itu. Dikatakan, pihak yang terlibat terancam menghadapi tuntutan pidana.

Runtuhnya Hotel Siji Kaiyuan di Suzhou terjadi pada Senin (12/7) sore pukul 15:33 waktu setempat (07:33 GMT). Lebih dari 600 petugas penyelamat dikerahkan ke tempat kejadian.

Awalnya diyakini ada 18 orang di 54 kamar hotel pada saat keruntuhan, tetapi kemudian terungkap ada lima tamu yang tidak terdaftar di dalamnya.

Dari enam orang yang ditemukan hidup, lima di antaranya terluka tetapi dalam kondisi stabil. Satu orang tidak mengalami luka.

Bangunan runtuh di China selama ini dikaitkan dengan pekerjaan konstruksi yang buruk. Tahun lalu, 29 orang tewas setelah sebuah hotel runtuh di provinsi Fujian. Penyelidik kemudian menemukan ada masalah serius dalam pembangunan hotel.

KEYWORD :

Hotel Roboh China Renovasi Bangunan Kecelakaan Kerja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :