Jum'at, 26/04/2024 04:27 WIB

Nekat Selfie saat Hujan, 11 Orang Tewas Disambar Petir

11 orang dilaporkan tewas di Benteng Amer, Jaipur, India setelah terkena sambaran petir. Menurut laporan, sebelum tersambar mereka sedang mengambil foto narsis (selfie) di tengah hujan.

Petir di tengah awan mendung (BBC)

New Delhi, Jurnas.com - 11 orang dilaporkan tewas di Benteng Amer, Jaipur, India setelah terkena sambaran petir. Menurut laporan, sebelum tersambar mereka sedang mengambil foto narsis (selfie) di tengah hujan.

Dikutip dari BBC pada Senin (12/7), 27 orang diketahui sedang berada di benteng tersebut ketika insiden itu terjadi. Beberapa di antaranya melompat ke tanah.

Seorang perwira polisi senior mengatakan kepada media, bahwa sebagian besar orang yang tewas di menara benteng itu masih muda.

Kepala menteri negara bagian, Ashok Gehlot, telah mengumumkan 500.000 rupee (US$ 6.700) sebagai santunan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Musim muson India, yang disertai hujan lebat, biasanya berlangsung dari Juni hingga September.

Departemen Meteorologi India (IMD) mengatakan bahwa kematian akibat sambaran petir telah berlipat ganda di negara itu sejak 1960-an, salah satu alasan yang dikutip ialah krisis iklim.

Data menyebutkan bahwa insiden petir juga meningkat 30-40 persen sejak awal hingga pertengahan 1990-an. Pada 2018 lalu, negara bagian Andhra Pradesh di selatan mencatat 36.749 sambaran petir hanya dalam 13 jam.

Para pejabat mengatakan insiden petir menyambar lebih sering terjadi di daerah dengan tutupan pohon yang lebih tipis, sehingga membuat warga lebih rentan disambar.

KEYWORD :

Selfie Foto Narsis Tersambar Petir India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :