Sabtu, 20/04/2024 16:19 WIB

Dilaporkan ke MKD DPR, Junimart Bela Diri

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Junimart Girsang sebagai salah satu anggota dewanyang dilaporkan ke MKD membela diri.

Politikus PDIP, Junimart Girsang

Jakarta - Empat Anggota DPR dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR terkait dugaan pelanggaran kode etik anggota dewan atas pendampingan Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke Bareskrim Polri.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Junimart Girsang sebagai salah satu anggota yang dilaporkan membela diri. Menurutnya, kedatangannya ke Bareskrim Polri atas perintah partai.

"Kita jangan terlalu membabi buta melaporkan seseorang tanpa dasar hukum yang jelas. Kedatangan kami ke Mabes perintah partai dan permintaan dari Ahok sendiri. Kita ditelepon pada Minggu pukul 17.00 WIB," kata Junimart, ketika dihubungi, Kamis (10/11).

DPP PDI Perjuangan (PDIP), kata Junimart, memerintahkan agar melakukan koordinasi dengan badan bantuan hukum sebagaimana atas permintaan Ahok.

"Karena saya kepala badan bantuan hukum di DPP PDIP untuk berkoordinasi dengan para advokat di badan bantuan hukum. Pak ahok sendiri meminta agar didampingi pada Senin jam 8 pagi," jelasnya.

"Kita sampaikan bahwa saya dan Pak Trimedya bukan sebagai anggota komisi III. Pak Trimedya sebagai ketua DPP bidang hukum. Saya sebagai kepala badan bantuan hukum dan advokasi PDIP," tambahnya.

Menurutnya, kehadirannya hanya mengantarkan para advokat yang mendampingi Ahok yang dimintai klarifikasi dalam proses penyelidikan dalam kasus dugaan penistaan agama.

"Saat Ahok datang, langsung masuk ke ruang penyelidikan. Kami dipersilakan masuk ke ruang penyelidikan juga," jelasnya.

Diketahui, Koalisi Penegak Citra DPR yang terdiri dari beberapa lembaga masyarakat sipil terhadap empat orang anggota DPR ke MKD DPR.

Keempat Anggota DPR yang dilaporkan adalah, Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Junimart Girsang, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul, dan Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP Charles Honoris.

KEYWORD :

Mahkamah Kehormatan Dewan MKD Politikus PDIP Junimart Girsang Bareskrim Polri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :