Sabtu, 20/04/2024 01:04 WIB

Wah Penumpang Kereta Api Bisa Dapat Vaksinasi Covid-19 Gratis

Hal ini juga dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 yang digalakkan pemerintah.

Swab Antigen di Statiun Gambir. (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com - Terhitung hari ini, Rabu (7/7/2021), PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di 13 Stasiun khusus bagi pelanggan KA Jarak Jauh yang ingin melengkapi persyaratan naik KA pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di stasiun merupakan upaya KAI untuk membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh, khususnya di masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub No 42 Tahun 2021.

"Hal ini juga dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 yang digalakkan pemerintah," ujar Joni.

Syarat untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19 Gratis ini, yaitu harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Kemudian khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan, dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.

Sampai dengan 6 Juli 2021, KAI telah melakukan vaksinasi kepada 1.681 pelanggan kereta api di stasiun. Kemudian secara bertahap akan menambah stasiun yang menyediakan layanan tersebut. Hal ini agar dapat melayani lebih banyak masyarakat yang akan divaksin Covid-19.

Ke-13 stasiun tersebut yaitu:

1. Gambir

2. Pasar Senen

3. Bandung

4. Cirebon

5. Semarang Tawang

6. Purwokerto

7. Yogyakarta

8. Solo Balapan

9. Madiun

10. Jember

11. Malang

12. Surabaya Gubeng

13. Surabaya Pasarturi

Sebagai informasi, mulai 5 sampai dengan 20 Juli 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

KEYWORD :

PT KAI PPKM Darurat Vaksinasi Stasiun Kode Booking




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :