Jum'at, 19/04/2024 03:40 WIB

Pemerintah Siap Bantu BUMN yang Kerjakan Proyek Infrastruktur

Menkeu menambahkan berjanji akan memberikan jaminan pinjaman langsung dari lembaga keuangan internasional

Menkeu Sri Mulyani (Istimewa)

Jakarta - BUMN bidang kontruksi didorong untuk lebih aktif mengejar proyek infrastruktur karena ini seiring dengan misi presiden Joko Widodo dalam mengembangkan infrastruktur di Indonesia.

untuk itu, Kementerian Keuangan bakal mendampingi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain itu, bakal memudahkan akses hingga pengerjaan secara fisik.

"Kami memberikan jaminan kredit untuk obligasi BUMN seperti dengan PLN untuk percepatan pembangunan (proyek). Banyak proyek infrastruktur sudah sangat jelas dampak ekonominya tapi tidak jelas secara keuangan. Kami ingin pastikan BUMN dikelola dengan neraca yang sehat," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Menkeu menambahkan berjanji akan memberikan jaminan pinjaman langsung dari lembaga keuangan internasional. Namun, pihaknya ikut memberikan hal yang sama kepada swasta yang ikut berkontribusi pada pembangunan infrastruktur.

"Karena kami ingin BUMN memberikan 22 persen kontribusi infrastruktur. Apabila kurang, 60 persen perlu dilakukan oleh swasta," tegasnya.

Pemerintah tetap akan terbuka jika pihak swasta tertarik untuk masuk dalam proyek-proyek infrastruktur strategis di Indonesia.

"Banyak yang bertanya apakah BUMN akan melengkapi atau bersaing dengan swasta. Ada kesenjangan ada ruang buat orang semua," pungkasnya.

KEYWORD :

Menkeu Sri Mulyani BUMN Konstruksi Proyek Infrastruktur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :